Galakkan Pencegahan Covid, Pemkot Magelang Bentuk Satgas Jogo Tonggo

BNews—MAGELANG—Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang membentuk Satgas Jogo Tonggo dan tim gugus tugas hingga tingkat RT dan RW. Sebagai upaya menggalakkan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kota Magelang Joko Budiyono. ”Melalui instruksi Gubernur Jawa Tengah no 1 tahun 2020, satgas Jogo Tonggo diharapkan pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 bisa dioptimalkan,” kata Joko beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, mekanisme Jogo Tonggo adalah mengkonsolidasikan seluruh kegiatan-kegiatan organisasi kelompok sosial di masyarakat. Seperti karang taruna, dasa wisma, posyandu dan warga di tingkat RW serta lembaga dan organisasi di luar wilayah RW yang terkait dengan penanganan Covid-19.

”Ada empat bidang tugas pokok satgas Jogo Tonggo, yakni kesehatan, ekonomi, sosial-keamanan dan hiburan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Balai Kesehatan Masyarakat (Balkemas) Kota Magelang drg. Sulistyowati mengungkapkan bahwa Jogo Tonggo akan dilakukan oleh masing-masing RW dengan relawan. ”Guna mencegah penyebaran virus corona dari kluster yang paling kecil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, setiap RW menyediakan tempat isolasi mandiri khusus apabila didapati warganya yang terkena Covid-19. Setiap kelurahan juga dibekali dengan Jogo Tonggo Kit.

Kemudian program Jogo Tonggo ini berdampingan dengan Kampung Siaga Covid-19 yang digagas oleh Polri. Kepala Satuan Binmas Polres Magelang Kota AKP Ni Komang Yanti menyebut, ada 32 kampung siaga di Kota Magelang sudah disiapkan, namun belum semua dilaunching secara resmi.

Loading...

”Beberapa kampung siaga sudah dicanangkan yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Magelang serta daerah Bandongan karena masuk dalam wilayah Polres Magelang Kota,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: