Cara Menghilangkan Penyakit Mudah Ngantuk

BNews—NASIONAL— Mengantuk di siang hari merupakan siklus alami dari tubuh yang tidak bisa dihindari. Apalagi setelah jam makan siang, dimana biasanya untuk istirahat dan makan, setelah itu rasa ngantuk saat perut kenyang.

Biasanya untuk menangkal hal tersebut, minum kopi hitam bisa mengurangi rasa ngantuk. Mengkonsumsi kafein memang bisa membuat tubuh terjaga dan lebih focus, tetapi tidak baik untuk kesehatan jika terlalu sering.

Berbagai cara lain untuk menangkal rasa ngantuk di siang hari akan Borobudur News berikan. Hal tersebut bersumber dari berbagai sumber yang terpercaya.

1.BANYAK MINUM AIR PUTIH

Daripada minum kopi yang mengandung kafein, lebih baik minum air putih yang banyak untuk meningkatkan energi dan mencukupi kebutuhan air tubuh.

Minum air putih terbukti mampu membuat pikiran lebih segar. Selain itu, air putih juga bisa membuat otak menjadi lebih fokus karena bisa menyuplai oksigen lebih banyak dari air putih.

2.BERGERAK

Loading...

Saat mulai merasa ngantuk setelah makan siang, maka lebih baik bergerak dan beranjak dari meja.

Lakukan aktivitas fisik seperti berjalan dan melakukan peregangan badan agar aliran darah menjadi lebih lancar.

Dengan peregangan, maka aliran oksigen ke seluruh bagian tubuh akan menjadi lancar dan terhindar dari kantuk.

3.TIDUR SEBENTAR

Jika merasa ngantuk yang tidak tertahankan, maka tidurlah selama kurang lebih 15 menit untuk mengembalikan energi dan menghilangkan kantuk.

Penelitian menemukan bahwa tidur siang yang dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan mengembalikan energi dan menyegarkan pikiran.


Bahkan perusahaan besar sekelas Google pun menyediakan tempat tidur untuk karyawannya yang mengantuk.

4.ALIHKAN PIKIRAN

Mengalihkan pikiran sejenak dengan menonton video konyol atau video lucu juga bisa menghilangkan rasa kantuk selepas makan siang. Peneliti dari American Chemical Society menemukan bahwa mengalihkan pikiran dengan menonton video hiburan bisa melepaskan hormon oksitosin.

Hormon oksitosin adalah hormon yang memberikan rasa senang untuk tubuh. Hal ini akan membuat kita lebih fokus dalam menjalankan pekerjaan setelah makan siang

Itulah beberapa tips untuk kalian yang merasa mengantuk pada siang hari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: