Ganjar: Hari Kebangkitan Nasional Jadikan Momentum Teladani Para Pejuang

BNews-JATENG– Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh esok hari Kamis (20/5/2021) momentumnya dimanfaatkan Gubernur Jawa Tengah untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa. Sebab, mereka telah gagah berani menyuarakan berdirinya sebuah negara, ketika mayoritas orang di negeri ini belum tahu dan belum mengerti apa itu negara.

“Spirit nasionalisme dan kesatuan tekad itulah sebuah national staat bernama Indonesia akhirnya bisa berdiri,” tegas Ganjar melalui video singkat bernama ‘Ruang Ganjar’ di kanal youtube pribadinya yang diunggah Rabu (19/5/2021).

Ganjar mengajak semua elemen masyarakat di Jawa Tengah baik di perkantoran, di pasar, di rumah maupun yang ada di sekolah untuk mengambil sikap sempurna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak tepat pada pukul 10.00 WIB Kamis (20/5/2021) besok untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Ganjar mengatakan gagasan itu awalnya diprakarsai oleh Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ia pun mendukung penuh gagasan Ngarso Dalem itu.

Menurutnya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khitmad pada esok hari merupakan wujud spirit nasionalisme dan kesatuan. Tak hanya sekadar bernyanyi, Ganjar meminta masyarakat benar-benar menghayati setiap kata, setiap baris dari syair termahal di negeri ini.

“Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini,” kata Ganjar.

“Sri Sultan mengajak kita untuk merasakan perjalanan Indonesia lewat lagu kebangsaan kita. Ini adalah momen yang sangat tepat untuk kita memompa lagi spirit kenegaraan kita, terutama karena besok adalah Hari Kebangkitan Nasional,” lanjutnya.

Ganjar berharap aksi seperti ini tidak hanya di Hari Kebangkitan Nasional saja, namun juga di hari-hari selanjutnya. Setiap mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang, semuanya sejenak menghentikan aktivitas dan langsung mengambil sikap sempurna.

Dengan begitu, spirit nasionalisme semakin tumbuh dalam dada masyarakat dan bisa memperkuat kesadaran setiap warga pada persatuan kesatuan bangsa.

“Penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan di antara kita. Semoga laku ini menambah kewarasan kita dan kewarasan negara kita. Terima kasih,” pungkasnya. (*/ihr)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: