BPPTKG Pastikan Merapi Erupsi dan Sebut Banyak Pendaki di Atas

BNews—MUNGKID—Erupsi Freatik gunung merapi pagi ini terjadi sekitar 5 hingga 8 menit. Hal ini disampaikan oleh BPPTKG Yogyakarta melalui kicauan akun resminya @bpptkg terkait rils erupsi merapi (11/5).

 

Dari keterangannya ketinggian kolom erupsi merapi pagi ini setinggi 5500 meter diatas puncak merapi. Erupsi yang terjadi bersifat freatik yakni didominasi uap air.

 

Erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susual hingga rils ini dikeluarkan 08.54 wib (11/5). Sebelum erupsi freatik ini terjadi jaringan seismic gunung merapi tidak merekan adanya peningkatan kegempaan.

 

Akun BPPTKG juga menyampaikan, namun demikian sempat teramatai peningkatan suhu kawah secara singkat pada pukul 06.00 wib yakni sekitar 2 jam sebelum erupsi. Pasca erupsi kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawan mengalami penurunan.

 

Pihak BPPTKG Yogyakarta juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang. Dari informasi yang diperoleh Borobudur News juga bahwa saat erupsi terjadi banyak terdapat pendaki yang berada di pasar bubrah.

MERAPI : Tampak terjadi hujan abu di daerah Tlogo Putri Kaliurang Sleman (11/5)--(Foto--Istimewa)
MERAPI : Tampak terjadi hujan abu di daerah Tlogo Putri Kaliurang Sleman (11/5)–(Foto–Istimewa)

Hal ini terpantau dari cctv merapi di pasar bubrah. Namun para pendaki sudah mulai turun meninggalkan lokasi tersebut.

 

Untuk hujan abu terpantau di daerah Tlogo Putri Kaliurang Sleman. Sedangkan wilayah sisi barat Merapi wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang cuaca cerah dan tidak terjadi hujan abu. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: