Gelorakan Semangat Cinta Tanah Air, Koramil Dukun Masuk Sekolah

BNews–MAGELANG— Seperti hari-hari lainnya, di Sabtu pagi siswa SD Negeri Sewukan 1 Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang berkumpul di halaman sekolah. Tetapi di hari tersebut ini ada sesuatu yang berbeda di halam sekolahnya (24/9/2022).

Pasalnya, sekitar dua ratusan anak menyimak pemaparan dari anggota Koramil 15 Dukun.  

“Kemarin kami meminta Koramil 15/Dukun agar mengirim anggotanya untuk menjadi narasumber pengenalan profesi tentara sekaligus penanaman cinta tanah air kepada anak-anak kami,” kata Sarindi, kepala SD Negeri Sewukan 1 Kecamatan Dukun.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program kemitraan antara Koramil 15/Dukun dengan SD Negeri Sewukan 1 yang sudah berlangsung sejak lama. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Komite Sekolah dan dewan guru SDN Sewukan 1 Dukun Kabupaten Magelang.

Hadir dua personel TNI Koramil 15 Dukun sebagai narasumber pada kegiatan pagi ini yaitu Pelda Eka Widiyanta, Bati Tuud Koramil 15/Dukun serta Koptu Anharnanto, Babinsa Sewukan Dukun.

Koptu Anharnanto,  yang biasa dipanggil Bang Aan  mengatakan bahwa dirinya siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan di SD Negeri Sewukan 1. Sesuai semangat TNI, yaitu lahir dari rakyat, dibentuk oleh rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Maka, lanjutnya Koramil 15/Dukun siap membantu sekolah dalam membentuk karakter peserta didik.
Selama ini Koramil 15/Dukun sudah terbiasa membantu sekolah-sekolah di wilayah kecamatan Dukun. Baik dalam rangkaian kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS), pelatihan baris berbaris, pasukan pengibar bendera maupun penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, nasionalisme, kenakalan anak, maupun materi lainnya,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kepada anak-anak Bang Aan berpesan, agar anak sekolah membiasakan diri untuk disiplin waktu, baik di rumah maupun di sekolah. “Anak-anak dalam bergaul dan bermain juga dengan teman usianya, dan permainan yang sesuai usianya. Menghindari pergaulan yang mengarah ke kenakalan/kriminalitas,” pesannya.

Sementara itu, Pelda Eka mengajak anak-anak untuk cinta tanah air dengan tetap menjunjung tinggi empat kesepakatan pendiri negara; yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI.

“Mulai dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil. Seperti selalu berbuat baik, menghormati guru, dan menjaga nama baik sekolah,” tambahnya.

Bang Eka berpesan agar kita harus menjaga kerukunan dan jangan mau dipecah belah. Baik kerukunan antar masyarakat, antar umat beragama seperti Islam; Katholik, Protestan, maupun antar golongan Islam seperti NU, Muhammadiyah, LDII.

“Anak-abak harus membiasakan diri menjaga kerukunan, baik di lingkungan masyarakat maupun di sekolah,” ujarnya.

Komite yang hadir mendampingi dalam kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada semua siswa.

Sutrisno, ketua Komite SDN Sewukan 1 berpesan agar anak-anak selalu hormat kepada guru, bersemangat dan rajin belajar di rumah; mengurangi bermain HP yang kurang bermanfaat. “Harapannya, semua anak menjadi anak-anak yang cerdas, berakhlak mulia dan dapat menggapai cita-citanya,” tutupnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: