Gempa Di Jepara, Signal Sismo Puncak Merapi Berbunyi

BNews–SLEMAN– Gempa dengan kekuatan 6,1 SR di peraiaran Jepara pagi tadi dirasakan hingga kawasan puncak Merapi (7/7/2020). Hal tersebut membuat beberapa warga di lereng merapi wilayah Klaten keluar rumah.

Kepanikan warga tersebut dikarenakan guncangan gempa tersebut terpantau sinyal seismograf.

“Terasa di desa saya. Awalnya dikira getaran berkaitan dengan Gunung Merapi,” ungkap Kaur Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu  seperti dikutip Detik (7/7/2020).

Jainu mengatakan gempa terasa sekitar pukul 06.00 WIB kurang sedikit. Warga yang sedang persiapan di rumah kaget dan berlari keluar rumah begitu mendengar sinyal seismograf.

“Soalnya sinyal yang dipancarkan lewat pesawat HT di samping rumah terdengar seperti erupsi. Warga pada keluar rumah,'” lanjut Jainu.

Sinyal terdengar warga, kata Jainu sekitar 30 detik baru mereda. Warga keluar rumah melihat puncak Gunung Merapi tidak ada asap.

“Warga keluar rumah melihat puncak Gunung Merapi anteng (tenang) dan ternyata tidak ada ada asap. Lalu warga kembali (beraktivitas), dan memang sudah 3 hari ini tidak keluar asap,” sambung Jainu.

Subur, warga Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang juga mengatakan hal serupa. Desanya yang berada di kawasan teratas seperti Desa Balerante juga merasakan gempa.

“Terasa tapi cuma sebentar. Warga tidak panik sebab hanya sebentar,” jelas Subur dikutip detik juga.

Tidak saja di puncak gunung Merapi, gempa juga terasa di sekitar sesar Jiwo dan Dengkeng di wilayah selatan. Di kecamatan Gantiwarno dan Jogonalan.

“Saya pas di rumah terasa. Warga tidak sampai lari karena gempa dirasa kecil,” kata Surat, warga Desa Ngandong, Kecamatan Gantiwarno.

Kades Plawikan Kecamatan Jogonalan, Lilik Ratnawati juga mengatakan hal yang sama. Gempa terasa di desanya cukup kuat.

“Saya pas melihat televisi. Jadi cukup terasa tetapi warga tidak sampai panik,” ungkap Lilik.

Seperri diketahui, BMKG merilis terjadi gempa pukul 05:54:44 WIB dengan kekuatan 6,1 SR. Gempa berpusat di kedalaman 578 Km, 53 km Barat Laut Jepara. (*/islh)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: