Gerabah Nglipoh, Kerajinan Tanah Liat Borobudur yang Melegenda

0
293
WISATA : Rombongan wisatawan anak-anak sedang praktek membuat kerajinan Gerabah di Borobudur (15/12)--Foto--rth)
WISATA : Rombongan wisatawan anak-anak sedang praktek membuat kerajinan Gerabah di Borobudur (15/12)--Foto--rth)

BNews—BOROBUDUR— Bagi wisatawan keluarga atau sekolah yang ingin menikmati kawasan di sekitar Candi Borobudur, destinasi ini bisa jadi alternatif kunjungan. Ya, Desa Wisata Karanganyar Kecamatan Borobudur. Di sana, ada sebuah dusun yang menjadi sentra kerajinan gerabah warisan nenek moyang.

 

Di era modern, gerabah kini kembali menggeliat. Seiring dengan makin banyaknya kuliner berkonsep jaman dahulu. Di Dusun Nglipoh Desa Karanganyar inilah benda-benda itu diproduksi.

 

Terletak sekitar 4 KM dari candi Borobudur, Desa Wisata Nglipoh ini menawarkan Wisata Edukasi tentang pembuatan kerajinan gerabah. Praktik pembuatan Gerabah ini bisa diikuti oleh segala kalangan usia, bisa mengikuti dari proses awal sampai akhir dalam pembuatan kerajinan gerabah, asyiknya lagi hasil praktik bisa dibawa pulang.

 

Supono salah satu koordinator desa wisata sentra pembuatan gerabah Klipoh mengatakan di dusunya, wisatawan akan diajari cara membuat gerabah dari tanah liat. Sebuah wisata edukasi yang sulit ditemui di daerah lain. Selain pembuatan gerabah, wisatawan juga bisa menggali jauh tentang sosial, budaya juga kultur yang ada di desa. “Tidak hanya tentang pembuatan gerabah saja, ada juga sosial,budaya kulture warga Klipoh sini yang menjadi keunikan tersendiri,” katanya.

 

Selain memberikan fasilitas pembuatan gerabah bagi wisatawan, dusun itu memang menjadi sentra produksi gerabah sejak turun temurun. Maka tak salah jika wisatawan harus meluangkan waktu ke dusun legendarisini. (rth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here