Gojek Gabung Dengan Tokopedia Menjadi GoTo

BNews–TEKNO– Hasil merger Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo nilainya ditafsir mencapai US$22 miliar atau setara Rp312,4 triliun. Hal itu dengan asumsi kurs Rp14.200 per dolar Amerika.

Dikutip dari keterangan resmi, total transaksi atau Total Gross Transaction Value (GTV) secara grup (Gojek dan Tokopedia) lebih dari US$22 miliar pada 2020.

Indonesia memiliki PDB lebih dari USD 1 triliun, serta merupakan negara dengan populasi terbesarke-empat di dunia dengan total penduduk 270 juta. Dengan demikian, ekosistem Grup GoTo mewakili 2 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

“Grup GoTo akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia, terbesar di Asia Tenggara, serta memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi,” ujar CEO GoTo Andre Soelistyo dalam rilis resmi, Senin (17/5/2021).

Grup GoTo memiliki daftar investor blue-chip sekaliber Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Michael Yao, salah satu perwakilan pemegang saham Tokopedia dan Senior Vice President, Alibaba Group mengatakan Tokopedia, di bawah kepemimpinan yang kuat dari William dan timnya, telah mendorong pertumbuhan yang pesat dan kuat dalam empat tahun terakhir sejak investasi pihaknya.

“Dengan percepatan digitalisasi di Asia Tenggara, kami melihat peluang yang luar biasa di wilayah ini. Kami yakin bahwa dengan kolaborasi dua perusahaan terkemuka ini, mereka memiliki posisi yang kuat untuk menciptakan nilai tambah bagi karyawan, konsumen dan industri secara keseluruhan,” jelasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Managing Director, Sequoia Capital (India) Singapura Shailendra Singh mengatakan pihkanya merupakan investor awal di Gojek dan Tokopedia. Menurutnya, GoTo memiliki karakteristik unik, strategis dan kuat.

“Tidak ada perusahaan internet modern di mana pun di dunia, yang saya ketahui; mempunyai kepemilikan mendalam atas begitu banyak kategori di saat yang bersamaan. Setelah bekerja sama dengan masing-masing dari Andre, Kevin, William dan Patrick selama beberapa tahun terakhir; saya sangat senang mereka bersatu untuk membentuk salah satu perusahaan internet paling menarik di era ini,” tambah Shailendra.

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group. Andre sebelumnya menjabat sebagai CEO Gojek. Sementara itu, Patrick Cao dari Tokopedia didapuk sebagai Presiden GoTo. Lebih lanjut, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: