Hadapi Musim Hujan di Tengah Pandemi, Ini Cara Sederhana Jaga Daya Tahan Tubuh

BNews—MAGELANG—Menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan tentunya menjadi prioritas. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Tubuh dengan kekebalan yang baik, dapat menangkal segala macam penyakit. Karenanya, Borobudurnews merangkum beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, yang dilansir dari berbagai sumber.

Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

Makanan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan selama masa pandemi Covid-19. Karenanya, mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang bisa dijadikan sebagai kebiasaan.

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta kaya vitamin, seperti sayuran hijau, bayam, brokoli. Adapula buah-buahan seperti apel, jeruk dan lain sebagainya. Kemudian untuk meningkatkan imunitas tubuh, bisa dengan mengkonsumsi seafood.

Berjemur di bawah matahari pagi

Vitamin D yang dihasilkan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa berjemu dibawah sinar matahari pagi selama 5-15 menit dan dilakukan minimal 2 sampai 3 kali seminggu.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Olahraga secara rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya yakni dengan olahraga secara rutin. Olahraga yang baik dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sekaligus melepas stres.

Kamu  tidak perlu olahraga yang menguras tenaga, cukup melakukan secara teratur sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari.

Cukup minum air putih

Kekurangan minum air bisa menyebabkan fungsi tubuh menurun. Akibatnya daya tahan tubuh rawan melemah.

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, kamu bisa meminum air sekitar 2 liter per harinya. Namun untuk kebutuhan yang optimal, bisa dengan menggunakan formula Berat badan dibagi 20. Contohnya dengan berat badan 50 kemudian dibagi 20 maka sama dengan 2,5 liter.

Istirahat yang cukup

Jangka waktu untuk istirahat yang cukup sekitar 7-8 jam per harinya. Dengan menjaga jam tidur maka sistem imun juga bisa tetap terjaga. Sebab tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: