Hasil Penyortiran, KPU Kota Magelang Temukan 450 Surat Suara Rusak

BNews—MAGELANG— Sebanyak 450 lembar surat suara tak layak dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang. Temuan itu usai dilakukan penyortiran oleh petugas pada saat proses pelipatan surat suara.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Magelang, Bambang Sarwodiono, mengatakan jumlah surat suara ditambah cadangan sebanyak 96.065 lembar. Usai disortir, ditemukan 450 lembar tidak layak atau cacat.

”Ada yang rusak, itu sekitar 450 buah. Surat suara rusak, faktor sobek, kurang jelas warnanya, ada beberapa yang karena kurang jelas tulisannya,” tuturnya, Rabu (2/12/2020).

Dia menjelaskan, surat suara yang rusak akan dimusnahkan untuk mengantisipasi agar tidak disalahgunakan. Nantinya yang rusak tersebut akan dilakukan penggantian dengan surat suara yang layak atau baik.

”Yang rusak akan dimusnahkan dan ada berita acara. Nanti mengundang bawaslu, kesbangpol, kepolisian untuk pemusnahan surat suara yang riusak. Jangan sampai digunakan oleh orang tak bertanggung jawab,” tegasnya

”KPU Kota Magelang memesan penggantian ke percetakan. Proses penggantian ini sejak tanggal 28 November 2020 lalu, ketika sortir lipat selesai dilaksanakan,” sambungnya.

Lanjut Bambang, proses sortir memakan waktu tiga hari di Gedung Panti Mandala, Kota Magelang. Hal ini dilakukan oleh tenaga sortir dan lipat yang diawasi oleh petugas kepolisian, KPU dan Bawaslu Kota Magelang.

”Selesai sortir lipat, kita kirim ke percetakan, dari sana memberi pemberitahuan sudah selesai. Targetnya sebelum tanggal 6-8 Desember 2020 mendatang, surat suara itu sudah jadi, disortir dan dilipat,” katanya.

”Yang penting sebelum tanggal 6-8 Desember, karena tanggal itu sudah mengirim ke PPS. PPS akan mengirimkan ke KPPS tanggal 8 Desember,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: