Hati-Hati! Jangan Letakkan Handphone di 5 Tempat Terlarang Ini

BNews—TIPS— Mulai sekarang, perhatikan lagi di mana kita menyimpan atau menaruh handphone. Sebab kalau sembarangan menaruh, bisa berbahaya untuk tubuh kita, Mulai dari radiasi hingga risiko meledak.

Anda pernah dengar ada kasus handphone meledak? Baterai handphone umumnya berjenis lithium-ion. Baterai jenis ini memang rawan terbakar atau meledak jika rusak atau terpapar suhu tinggi.

Contohnya korsleting atau ada kesalahan saat pengisian daya. Penyebab lainnya adalah ketika handphone terlalu panas. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya perhatikan lagi tempat kita menaruh handphone. 

Yuk, hindari menyimpan atau menaruh handphone di lima tempat ini.

Di Bawah Bantal

Banyak yang menaruh handphone di bawah bantal dengan alasan alarm lebih terdengar atau supaya lebih mudah mengambilnya kalau ingin melihat jam.

Kalau Anda sering menaruh handphone di bawah bantal, segera hentikan kebiasaan ini.

Sebab, radiasi elektomagnetik yang ada di handphone bisa membuat kita pusing dan sakit kepala. Selain itu, handphone yang disimpan di bawah bantal jadi rentan panas.

Apalagi kalau disimpan sambil diisi daya baterainya. Sudah banyak kasus handphone meledak atau terbakar setelah disimpan di bawah bantal.

Selain itu, cahaya terang dari layar ponsel juga bisa mengganggu waktu tidur kita, nih. Alasan lain tentu saja karena ponsel memancarkan radiasi yang bisa membuat otak kita terserang tumor bahkan kanker.

Tempat Panas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalau suhu handphone terlalu panas, handphone bisa terbakar atau meledak. Karena itu, hindari menyimpan handphone di tempat yang panas.

Contohnya di dalam mobil yang sedang diparkir atau terkena paparan sinar

matahari. Selain itu, hindari juga menaruh handphone di atas televisi atau di samping oven.

Terlalu Dekat dengan Wajah

Nah, selain di bawah bantal, kita juga tidak disarankan untuk meletakkan ponsel terlalu dekat dengan wajah saat tidur. Mendekatkan ponsel ke wajah berarti memberikan kesempatan bakteri untuk berpindah dari ponsel ke wajah kita.

Yap, walau terlihat bersih, tapi kita tidak tahu seberapa banyak bakteri yang menempel di ponsel kita. Maka itu, saat kita tidur, lebih baik jauhkan ponsel supaya kita tidak terkena bakteri dan radiasi sehingga kita bisa tidur dengan sehat.

Tak hanya saat tidur, saat sedang bermain pun usahakan agar ponsel tidak terlalu dekat dengan wajah.

Di Kamar Mandi

Apakah Anda termasuk orang yang suka membawa ponsel ke kamar mandi? Kalau iya, sebaiknya mulai sekarang jangan dilakukan lagi, ya, demi kesehatan kita sendiri.

Kamar mandi atau toilet menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan virus, bukan hanya pada benda-benda, tapi juga di udara. Bahkan menurut penelitian, bakteri dan virus itu juga beterbangan di luar kamar mandi dalam jarak 90 sentimeter.

Kalau kita membawa ponsel ke kamar mandi, bisa dibayangkan banyaknya bakteri yang bisa beterbangan dan menempel di ponsel kita, kan.

Di Tempat dengan Suhu Ekstrem

Ponsel tidak bisa bertahan saat disimpan di tempat yang terlalu panas dan terlalu dingin. Jadi, hindari untuk meletakkan ponsel di atas perangkat elektronik yang bisa memancarkan panas berlebihan.

Hindari juga meletakkan ponsel di tempat terbuka saat cuaca dingin,

terutama kalau sedang berlibur ke luar negeri saat musim dingin. Suhu yang ekstrem bisa membuat ponsel cepat rusak, baterai ponsel pun tidak akan bisa bertahan lama. (*)

Sumber: bobo.grid.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: