Heboh!!! Traktor Tak Berawak Berjalan Sendiri di Temanggung

BNews—TEMANGGUNG—Daerah Kedu Temanggung digemparkan dengan adanya traktor setan. Yakni traktor yang beroperasi tanpa awak atau tidak ada orang yang mengendalikan dengan memegang bagian kemudi.

Diketahui bahwa traktor tersebut milik salah satu warga Desa Sanggrahan, Kecamatan Kedu, Temanggung, bernama Mustofa. Traktor miliknya membuat geger karena banyak warga yang melihatnya bisa berjalan sendiri.

”Saya memberi nama traktor setan alas. Waktu kemarin uji coba, komentar orang-orang kok jalan sendiri seperti ada setannya. Makanya saya kasih nama setan alas,” kata Mustofa, Jumat (24/7/2020). Seperti dikutip dari INews.

Dia menjelaskan, bahwa traktor miliknya telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat beroperasi tanpa awak. Ia yang merupakan perajin korden jendela itu nekat mengotak-atik traktor miliknya agar berdaya guna.

”Sebenarnya traktor setan ini saya yang mengemudikan, namun metodenya berbeda dengan traktor lainnya,” jelasnya.

Mustofa memodifikasi kemudi traktornya dengan teknologi aeromodeling. Sehingga dirinya dapat mengendalikan traktor dari jarak jauh.

Dalam modifikasinya, kata Mustofa, bagian kemudi traktor dihubungan dengan remote kontrol. ”Dengan modifikasi ini, traktor dapat dikendalikan dengan jarak maksimal 600 meter,” imbuhnya.

Loading...

Mustofa yang lulusan STM ini mengaku, inisiatif merakit traktor setan tersebut muncul ketika pandemi Covid-19. ”Kurang lebih dibuat sekitar empat bulan. Ini saya habis sekitar Rp3,5-Rp4 juta. Saya membuat ini karena banyak nganggur di rumah,” akunya.

Tambahnya, dengan tambahan teknologi itu tidak mengubah kegunaan dari traktor pada umumnya. Sementara untuk keunggulannya, antara lain dapat menghemat tenaga dan waktu dalam proses membajak sawah.

”Berkat traktor setan alas ini, saya sering mendapat order dari para petani untuk membajak sawah milik mereka,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: