Heboh Uang Pangkal Masuk UNY Rp120 Juta, Ini Penjelasan Resmi Rektor

BNews—JOGJAKARTA— Media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya tangkapan layar besaran Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tak tanggung-tanggung, nominal UPPA mencapai Rp120 juta.

Tangkapan layar besaran UPPA dari salah satu calon mahasiswa yang diterima di UNY lewat jalur Seleksi Mandiri (SM) 2021 yang bikin heboh ini diunggah akun @mahasiswauenyeh. Hingga Selasa, (13/7), postingan yang diunggah 7 Juli 2021 ini sudah mendapat lebih dari seribu retweet, 1450 tweetkutipan dan 6.600 suka.

”Percupangan duniawi! Sekarang lho orang mau daftar kuliah, sama kampus pola pikirnya udah dikonstruk kayak mau nyaleg aja. Kudu banyak modal. Udah lulus, tinggal cari cara balikin modal. Memangnya ini parlemen yg korup, bapak ibu sekalian?,” tulisnya seperti dipantau Borobudur News, Selasa (13/7).

Dalam unggahannya, calon mahasiswa ini diterima di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan-S1. Besaran UKT yang harus dibayarkan sebesar Rp6.350.000 sementara UPPA tercantum sebesar Rp120 juta. Sehingga total yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa iru sebesar Rp126.350.000.

Terpisah, Rektor UNY Prof Sumaryanto saat dikonfirmasi Detik menuturkan, jika besaran UPPA berdasarkan data isian dari orang tua atau wali calon mahasiswa yang ditandatangani di atas materai. Di dalam surat kesanggupan membayar UPPA itu ada beberapa opsi besaran biaya uang pangkal.

”O iya, karena itu berdasarkan data isian dari orang tua, yang mengisi orang tua. Kemudian bermaterai. Opsinya ada yang 0 rupiah, Rp5 juta, Rp10 juta, Rp15 juta, Rp20 juta dan lainnya,” tuturnya.

Sumaryanto menerangkan, besaran UPPA yang mencapai RP120 juta biasanya ditulis pada opsi lainnya. Di situ, wali calon mahasiswa mengisi sendiri besarannya uang pangkal yang akan dibayarkan.

”Besaran UPPA diserahkan sepenuhnya kepada orang tua calon mahasiswa,” terangya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Nah biasanya seperti itu nulis lainnya, ada yang nulis bisa di luar itu. Misalnya, Rp100 ribu, Rp250 ribu. Ada yang nulis Rp1 juta, Rp25 juta, Rp30 juta itu kita serahkan kepada orang tua,” sambungnya.

Ia menegaskan, di UNY besaran UPPA tidak menjadi pertimbangan calon mahasiswa itu diterima atau tidak. Sebab, ada calon mahasiswa yang mengisi UPPA nol rupiah pun tetap diterima.

”Yang menjadi pertimbangan utama lolos atau tidaknya calon mahasiswa itu dari segi akademik,” tegasnya.

”Hanya kejadiannya, kalau UNY yang utama mempertimbangkannya yang utama adalah yang akademik. Itu (UPPA Rp120 juta diterima) kebetulan saja karena yang nol rupiah itu juga diterima. Bahkan mengisi Rp100 ribu juga diterima,” imbuhnya.

”Kemudian setahu Saya ada yang lebih dari itu (Rp120 juta) tapi tidak diterima,” pungkasnya.(ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: