IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Hewan Merapi Mulai Bermigrasi

BNews– MAGELANG— Ekosistem di hutan Gunung Merapi terganggu usai kebakaran besar yang terjadi selama beberapa hari terakhir. Diperkirakan hal ini juga membuat hewan-hewan endemis di sana migrasi ke tempat yang lebih aman.
Semakin luasnya hutan yang terbakar ini diyakini oleh Kepala BPBD Kabupaten Magelang Sujadi berdampak pada ekosistem di hutan Merapi. Puluhan ribu pohon besar seperti pinus, cemara dan lain sebagainya dilaporkan hangus dan tumbang.
Hal ini juga membuat sejumlah hewan endemis disana diperkirakan sudah bermigrasi. ”Kebakaran ini meerupakan salah satu yang terbesar. Sehingga karena habitat mereka terganggu dipastikan hewan-hewan ini bermigrasi,” katanya.
            Menurut dia, hewan endemis di Gunung Merapi cukup banyak mulai dari berbagai jenis burung, macan, rusa dan kera.  ”Ekosistem Merapi bisa dipastikan mengalami perubahan,” katanya.
            Dari hasil pengamatannya ada ribuan pohon besar yang terbakar sejak dua hari yang lalu. ”Kalau biasanya kebakaran terjadi di semak-semak kemarin langsung terjadi di hutan pinus,” jelas dia.
            Sujadi sendiri mengaku belum bisa mengetahui secara pasti luasan laan yang terbakar. ”Ini sudah keduapuluh kalinya.Sehingga luasan total yang terbakar sudah cukup besar,” katanya. (rul)
Foto : Facebook FMMH

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: