Hiii Seram… Sepasang Pengantin di Magelang Ini Dikawal Buto Ireng

BNews—MAGELANG— Resepsi pernikahan sepasang pengantin biasanya akan dikawal keluarga dan pembawa bunga. Namun di Magelang, malah dikawal kawanan Buto mengiringi sepasang mempelai menuju panggung pelaminan.

Aksi Buto mengawal pengantin ini viral di media sosial. Video berdurasi 30 detik ini pertama kali diunggah akun TokTok @abiwijayahans dan dibagikan akun Instagram @merapi_uncover pada Sabtu, (13/3).

Dalam video pendek tersebut, tampak sepasang pengantin yang menikah menggunakan busana adat Jawa. Keduanya mengenakan pakaian khas pengantin serba hitam lengkap, dengan sanggul dan untaian melati di kepala pengantin wanita.

@abiwijayahans

kalo dangdutan udah biasa😂 #fyp #fypシ #jatilan #magelang #foryoupage #foryou #gokil #jawa #jawatengah

♬ original sound – haycin🌈

Hal yang menarik adalah kehadiran beberapa orang berkostum dan bertopeng Buto. Inilah yang membuat prosesi sakral ini menjadi unik dan tidak seperti umumnya.

Saat hendak meniti tangga panggung pelaminan, pengantin wanita dikawal seorang pria yang menggunakan topeng Buto. Tangan si Buto menggenggan dan didampingi berjalan menuju panggung sambil menggerak-gerakkan tubuhnya menyesuaikan musik rancak.

Dibelakang pengantin wanita, terlihat mempelai pria yang menggunakan pakaian senada dengan jarit sebagai bawahannya. Jika sebelumnya pengantin wanita diantarkan oleh satu Buto, maka pengantin laki-laki di antarakan dua Buto. 

Di sekitar panggung sendiri, sudah banyak tamu dan kerabat dekat dari dua keluarga mempelai yang hadir dalam acara resepsi. Pesta pernikahan itu lantas nampak meriah. 

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Lurd, piye nek suk konsep ngantenmu ngene Iki? (Bro, bagaimana kalau besok konsep pernikahanmu seperti ini?),” tulis akun @merapi_uncover dalam keterangannya seperti dikutip Borobudur News, Senin (15/3).

Hingga berita ini ditulis, video tersebut telah ditonton hampir 40 ribu kali. Dan mendapat lebih dari 200 komentar dari warganet.

Sejak diunggah pada Minggu (14/3/2021), video sepasang pengantin yang menikah di Magelang tersebut sudah ditayangkan lebih dari 26 ribu kali.

Ada seratus lebih komentar yang ditinggalkan warganet. Beberapa komentar ada yang menyoroti ekspresi pengantin wanita, diduga seolah tidak senang dengan kehadiran buto. 

”Manten e cewek kayane mangkel banget ro konsepe kakean polah (Pengantin wanita sepertinya kesal sekali dengan konsepnya banyak tingkah),” kata @david_stywn11.

”Nek Aku milih ra sido rabi. Wes nangis disik weruh rupane Butone. Opo mung aku sek wedi jantilan, reog opo meneh gedruk (Kalau Aku memilih tidak jadi menikah. Sudah nangis duluan melihat wajah Buto-nya. Apa cuma Aku yang takut Jatilan, Reog apalagi Gedruk),” ungkap @irniya21.

”Konsep seni dan hiburan, tapi filosofine piye kui? Mosok ngantenan diterke buto angkoro murko (Filosofinya bagaimana itu? Masa pernikahan diantarkan Buto dengan angkara murka),” ucap tanggapan akun @rendy_armada7078.

”Raono critane Shinta digondol Betoro Kolo (Tidak ada ceritanya Shinta diculik betoro kolo-red),” terang Sementara akun @addiinfirman.

”Gilani malahan. Sik gowo bocah autonangis mbeker-mbeker. (Malah menakutkan. Yang bawa anak kecil langsung nangis sejadi-jadinya),” imbuh @windariam. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: