Hujan Abu Erupsi Merapi Guyur 3 Kecamatan di Magelang, Ini Daftarnya

BNews—MAGELANG— Gunung Merapi pagi ini, (30/3), sekitar pukul 07.06WIB meluncurkan guguran awan panas. Akibatnya, tiga kecamatan di Magelang dilaporkan terjadi hujan abu tipis.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan, guguran pagi ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 milimeter dan durasi 135 detik. ”Jarak luncur kurang lebih 1.500 meter ke arah barat daya. Sementara angin bertiup ke utara,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Selasa (30/3).

Sementara itu, berdasarkan informasi dari masyarakat yang masuk di Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, tiga kecamatan mengalami hujan abu tipis. Yakni meliputi Kecamatan Dukun, Srumbung dan Sawangan.

Berikut daftar sementara desa terdampak hujan abu tipis akibat guguran awan panas Merapi:

  1. Desa Sewukan, Dukun
  2. Desa Sengi, Dukun
  3. Desa Paten, Dukun
  4. Desa Mangonsoka, Dukun
  5. Desa Krinjing, Dukun
  6. Desa Srumbung, Srumbung
  7. Desa Kradenan, Srumbung
  8. Desa Bringin, Srumbung
  9. Desa Krogowanan, Sawangan

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto dalam keterangan tertulis menyampaikan kondisi terkini pascahujan abu. Diantaranya terpantau dari KRB III Kabupaten Magelang, saat ini visual merapi tertutup kabut dan cuaca berawan-hujan ringan.

Lalu secara umum Wilayah KRB III Kabupaten Magelang aman dan kondusif. Tidak ada dampak hujan abu yang signifikan di Kabupaten Magelang. Masyakarakat  tetap melakukan kegiatan aktivitas seperti biasa. Dan hujan abu yang turun berangsur reda

”Kegiatan atau upaya yang dilakukan yakni pemantauan update informasi terkini dari BPPKTG, imbauan kepada masyarakat KRB III dan koordinasi dengan BPPTKG,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: