Cara Bikin Daging Tetelan Cepat Empuk, Rendam Dengan Beberapa Bahan Ini

BNews–TIPS– Bagian daging hewan ada yang bernama Tetelan. Bagian tersebut merupakan daging dan lemak yang menempel pada tulang sapi atau kambing.

Supaya rasanya lebih lezat, tetelan harus diolah dengan tepat agar empuk dan tidak alot, keras, maupun sulit dikunyah.

Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma menjelaskan cara mengempukkan tetelan sapi atau kambing.

“Kita bisa menggunakan daun pepaya, bisa menggunakan nanas juga jahe untuk melunakannya, karena daun pepaya, jahe dan nanas memiliki kandungan enzim di dalamnya sehingga bisa memecah protein dalam daging,” jelas Chef Wisnu Adiyatma.

Berikut beberapa cara membuat tetelan sapi atau kambing empuk yang nantinya diolah untuk hidangan utama pada perayaan Idul Adha bersama keluarga.

1.Daun pepaya

Memarkan daun pepaya terlebih dahulu sebelum marinasi tetelan. Bertujuan agar daun pepaya mengeluarkan getah yang berfungsi untuk mengempukkan tetelan. “Kalau memarinasi tetelan dengan daun pepaya bisa memakan waktu 1 jam sampai enzim dalam daun pepaya itu keluar dan bisa memecah serat daging itu sendiri,” jelas Chef Wisnu Adiyatma.

Loading...
2.Nanas

“Kalau nanas sebaiknya diblender terlebih dahulu lalu didiamkan bersama tetelan,” papar Chef Wisnu Adiyatma. Marinasi tetelan dengan nanas cukup 30 menit. Sebab reaksi yang diberikan nanas akan memecah protein tetelan lebih cepat sehingga cepat lunak dan empuk.

3.Jahe

Kamu bisa memarkan jahe kemudian baurkan dengan tetelan dan diamkan beberapa saat. Marinasi tetelan dengan jahe akan memengaruhi rasa dari tetelan itu sendiri.

Tetelan akan sedikit terasa pedas jika didiamkan terlalu lama, maka marinasi selama 30 menit saja.

4. Rebus dengan rempah

Kamu juga bisa menggunakan metode merebus tetelan dalam waktu lama dan campurkan dengan rempah ke dalam air rebusan. Lama waktu merebus, bisa disesuaikan dengan seleramu.

Semakin lama waktu perebusan akan semakin empuk tetelan. Saat direbus dengan rempah seperti jahe, rasa jahe yang pedas tidak begitu pekat. Rempah yang dicampurkan juga bisa berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari tetelan.

“Kalau tetelan bisa direbus dari 1 jam sampai 1 1/2 jam kalau mau lebih lembut lagi kita bisa rebus lebih lama atau menggunakan panci presto,” Pada saat awal proses pemasakan lebih baik tak perlu dicuci. Proses pencucian bisa dilakukan setelah tetelan dimarinasi.

Sebab jika terlalu lama atau sering dicuci tetelan akan sering menyimpan air dan proses masaknya akan semakin lama lalu aroma prengsu dari tetelan akan semakin kuat. (*/Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: