Hujan Es Gegerkan Warga Magelang

BNews–MERTOYUDAN– Hujan deras disertai angin melanda beberapa kawasan Kabupaten Magelang siang ini (24/1). Bahkan hujan disertai bongkahan-bongkahan cristal es juga terjadi di kawasan Mertoyudan, Magelang.

Dari informasi yang dihimpun Borobudur News hujan disertai es batu ini terjadi di kawasan Prajenan Mertoyudan, kawasan Panca Arga dan Kota Magelang. Hujan juga disertai angin ini juga membuat beberapa pohon tumbang dikawasan simpang tiga artos mall, Seminari Mertoyudan dan Candimulyo.


Dikawasan Tampir Kulon Kecamatan Candimulyo hujan deras dan disertai angin juga sempat merusak sebuah rumah warga. Seperti foto yang diposting pemilik rumah dengan nama akun facebook Lulu menceritakan rumahnya terkena dampak angin kencang pada siang ini.


Hujan es ini dalam ilmu meteorologi disebut juga dengan hail. Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola es. 


Salah satu pembentukan dari bola- bola es ini adalah melalui kondensasi uap air lewat proses pendinginan di atmosfer pada sebuah lapisan yang terdapat di atas level beku. Biasanya, hanya es yang berukuran besar saja yang terjadi dengan proses seperti ini. 


Karena ukurannya yang besar, sehingga meski es sudah turun ke suhu yang lebih hangat dan daerah lebih rendah, tidak semua es ini menjadi cair (mencair). Perlu diketahui, hujan es ini tidak hanya bisa turun di daerah subtropis saja, namun hujan es ini juga dapat terjadi di daerah sekitar garis ekuator atau daerah pembagian musim tropis, termasuk di Indonesia


Sampai berita ini diunggah hujan deras disertai es dan angin mulai berangsur-angsur menurun intensitasnya, namun kondisi lalu lintas dari arah Yogyakarta menuju Magelang padat merayap dikawasan Mertoyudan. Untuk kerugian beluk bisa ditafsir karena petugas BPBD Kabupaten Magelang sedang meluncur ke lokasi untuk mengatasinya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: