Idul Adha 1445 H/2024, BAZNAS RI Menyembelih 75 Kambing di Balai Ternak Muntilan Magelang

BNews—MAGELANG— Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melaksanakan kegiatan Kurban Berkah BAZNAS di Balai Ternak Dusun Baron, Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang bertepatan dengan Idul Adha 1445 H/2024, Senin (17/6/2024).

Pimpinan BAZNAS Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol (Purn) Drs. Nur Chamdani mengungkap bahwa pihaknya menyembelih sebanyak 75 ekor kambing/domba di balai ternak tersebut. Puluhan hewan kurban itu berasal dari sedekah konsumen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan Mudhohi individu.

Pemotongan hewan kurban di Balai Ternak Dusun Baron dilakukan selama dua hari berturut-turut, Senin-Selasa (17-18/6/2024). Daging akan dibagikan kepada para mustahik dan lembaga pendidikan Maarif yang ada di sekitar lokasi balai.

”Jumlah hewan kurban ini belum termasuk hewan kurban lain yang disembelih BAZNAS di berbagai lokasi penyembelihan lain. Tahun ini, BAZNAS pusat menargetkan penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 mencapai 7.000 ekor setara domba/kambing,” ungkap Nur Chamdani dalam keterangan yang diterima BorobudurNews.com, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan, daging kurban ini akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam, yakni berupa daging sapi/domba segar, juga ada daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch. Daging kurban akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia dan juga luar negeri.

“Melalui Kurban Berkah BAZNAS 2024 ini, BAZNAS juga memfasilitasi kurban untuk masyarakat Palestina, dan kurban di daerah bencana. Selain itu, Program Kurban Berkah BAZNAS juga akan dibagikan kepada mereka yang mengalami stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah terpencil dan terluar,” jelasnya.

Lanjut Nur Chamdani, BAZNAS akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar’i, Aman Regulasi, Aman NKRI. BAZNAS juga memberikan fasilitas bagi para Mudhohi yang akan menunaikan kurbannya hingga H+2 Idul Adha 1445 H.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA menyebut hingga saat ini, pengumpulan Kurban Berkah BAZNAS RI mencapai 5.108 hewan kurban setara domba/kambing dan masih akan terus bertambah. Keseluruhan hewan ini akan dipotong di berbagai wilayah di Indonesia. BAZNAS juga masih menerima kurban hingga hari Tasyrik, pada 11 dan 12 Zulhijah.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para Mudohi yang telah mempercayakan hewan kurbannya, dititipkan, difasilitasi oleh BAZNAS republik Indonesia. Yang nanti akan disalurkan kepada yang berhak, kami sangat yakin dari apa yang bapak ibu sampaikan, akan mendapatkan pahala yang tak terhingga dari Allah  SWT,” ujarnya.

Menurut Kiai Noor, program Kurban Berkah BAZNAS tahun ini cukup sukses, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Mulai dari pekurban, penerima kurban, hingga para peternak kurban.

“Kurban kali ini Alhamdulillah kita cukup berhasil, kami mengucapkan terima kasih kepada para panitia Kurban Berkah BAZNAS yang telah luar biasa bekerja, kepada para pimpinan, para mudohi juga para mustahik yang telah mempercayakan kepada BAZNAS,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!