IFTA Gelar Pelatihan Kembangkan Pariwisata Berbasis Teknologi Lokalitas

BNews–Magelang – Tahun demi tahun teknologi di dunia ini semakin maju. Termasuk dalam pengembangan dunia pariwisata, khususnya di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Pengembangan Strategi Pemasaran Pariwisata Dengan Rantai Supply di Era Industri 4.0 IFTA ( Indonesia Fighter Tourism Asosiasion). Di era Industri sekarang ini seakan membentuk ekosistem baru berbasis digital. Seluruh transaksipun terkoneksi dengan internet.

Menurut Tora , di era Industri 4.0 sangat mempengaruhi di semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Contohnya, kini para travelers cukup mengandalkan platform digital untuk mencari tahu, memesan bahkan melakukan pembayaran.

“Saat ini, banyak sekali traveller yang sedang tumbuh adalah generasi milenial 70 persen inbound traveller adalah milenial,” ungkap dia.

Hal itu diperkuat dengan data dari Deloitte Consulting Southeast Asia 2019. Menurut data itu, 50 persen dari global tour dan booking activity dilakukan secara online.

Menurut riset yang dilakukan oleh beberapa analis dan praktisi pariwisata yang tergabung dalam IFTA, 60 persen dari wisatawan menggunakan smartphone untuk mencari suatu tempat (destinasi).

Kemudian, banyak sekali traveler sebagai pengguna sosial media mengunggah foto dan status mereka ketika travelling.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk itu, Priyadi Wibisono dan praktisi digital pariwisatal Ade Zaenal Mutaqin menjelaskan, membangun Gerbang Digital Pariwisata  berbasis lokalitas itu dibutuhkan untuk mengembangkan tourism 4.0, terlebih di era digital seperti sekarang.

Menyadari pentingnya membangun sebuah gerbang digital di sektor pariwisata itu, IFTA melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pemasaran Pariwisata di Era 4.0. Kegiatan itu dilakukan tanggal 26 – 29 November 2020 di Magelang.

Mengusung tema ‘ Pengembangan Strategi Pemasaran Pariwisata Dengan Rantai Supply di Era Industri 4.0 ” bimtek itu diikuti sejumlah stakeholder di Magelang . “Semoga dengan adanya  program ini dapat membantu para pegiat pariwisata khususnya di Magelang ,” ungkap hendra permana Ketua IFTA. (her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: