Ingin Lolos CPNS? Berikut 6 Tips Yang Bisa Disiapkan Mulai dari Sekarang

BNews—TIPS— Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka dalam waktu dekat ini.

Bagi yang berminat menjadi PNS, tentunya harus mempersiapkan diri mulai sekarang. Seperti menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, menentukan formasi yang akan dipilih hingga mempersiapkan mental.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, simak beberapa tips sukses lolos CPNS yang telah dirangkum berikut ini.

Selalu mengupdate informasi terkait seleksi CPNS

Calon pendaftar agar selalu mengecek informasi seputar seleksi CPNS, seperti informasi pendaftaran, pemberkasan, dan informasi instansi yang dipilih serta sesuai dengan bidang kemampuan.

Mempelajari soal CPNS dari tahun sebelumnya

Mulailah mempelajari soal CPNS tahun sebelumnya. Terdapat banyak sumber belajar yang bisa digunakan, seperti buku cetak, e-book atau buku elektronik, soal-soal online dari internet, atau dari bimbingan belajar.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Teliti

Mulai dari mengisi formulir pendaftaran online harus benar-benar teliti. Kemudian ketika akan print out hasil pendaftarannya, janganlah terburu-buru. Pastikan kembali kalau formulir sudah terisi dengan lengkap dan data yang digunakan benar adanya tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

Selanjutnya, ketika mengerjakan soal-soal SKD dan SKB, peserta harus teliti dalam mengerjakannya. Sebab tak sedikit, pertanyaan-pertanyaan menjebak dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip.

Kerjakan dengan tenang

Kerjakan soal-soal dengan tenang dan tidak gugup. Ketika terlalu gugup, bisa saja menyebabkan hilangnya fokus hingga melupakan semua yang telah dipelajari.

Memperhatikan waktu pengerjaan

Selain harus tepat dalam menjawab, mengerjakan soal tes CPNS juga harus cepat. Jangan sampai memakan waktu lama dalam mengerjakan soal dalam jenis soal tertentu yang sulit dikerjakan.

Hingga menyebabkan tidak cukup waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal.

Ikut bimbingan belajar

Calon pelamar CPNS bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel) selain belajar secara mandiri. Bimbel ini bisa menjadi tolak ukur peserta untuk tahu seberapa besar kemampuan diri sendiri. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: