Ingin Perbaiki Kualitas Tidur? Ini 6 Tips Feng Shui di Kamar

BNews—MAGELANG— Feng shui merupakan budaya dan tradisi kuno masyarakat Tionghoa yang mengajarkan keseimbangan dan keselarasan antara manusia dan lingkungan sekitarnya. Karenanya, tak sedikit orang yang menggunakan feng shui untuk menentukan desain interior sebuah hunian.

Feng shui sendiri memiliki lima elemen yang melambangkan aliran energi dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari kayu, api, logam, air, dan tanah yang apabila kelimanya memiliki kombinasi tepat, menghasilkan siklus produktif dan energi positif.

Feng shui bisa diaplikasikan hampir untuk semua ruangan di rumah, termasuk kamar tidur. Nah, berikut ini, enam tips feng shui untuk kamar tidur yang Borobudurnews lansir dari Suara.com

Singkirkan Peralatan Elektronik di Kamar Tidur

Menurut feng shui, kehadiran alat-alat elektronik merusak suasana akrab dan intim di kamar tidur. Belum lagi, gangguan pada saat tidur dan kesehatan karena medan magnet dan sinar biru dari peralatan elektronik ini.

Usahakan untuk menyingkirkan peralatan elektronik di kamar tidur. Bila tidak, tutupi alat-alat ini setelah selesai digunakan.

Posisi Tempat Tidur Menurut Feng shui

Menurut feng shui, penempatan tempat tidur yang paling ideal adalah menempel ke dinding dan berada di tengah ruangan. Hindari memposisikan tempat tidur di bawah jendela, sejajar dengan pintu, atau berhadapan dengan pintu karena dianggap sebagai posisi kematian.

Maka dari itu, tempat tidur diletakkan secara diagonal terhadap pintu. Perasaan aman saat tidur merupakan faktor yang penting dalam feng shui kamar tidur yang didapat dengan pengaturan-pengaturan posisi tempat tidur tersebut.

Perhatikan Jenis Tempat Tidur

Jenis tempat tidur juga punya spesifikasinya sendiri menurut feng shui. Misalnya material headboard yang terbuat dari kayu, kain, dan busa yang solid dan keras, diyakini sebagai fengsui baik karena melambangkan kestabilan.

Hindari menggunakan headboard besi karena dianggap menghilangkan energi rileks dalam kamar. Ukuran tempat tidur yang luas seperti queen and king size sampai bahan sprei yang halus dan alami juga diperhatikan dalam feng shui. Tujuannya adalah menghadirkan suasana senyaman mungkin dan berkualitas tinggi untuk mengundang energi baik ke dalam kamar tidur.

Sirkulasi Udara Sehat dan Optimal

Udara di kamar tidur juga menjadi bagian penting dari feng shui kamar tidur. Pastikan kamar tidur punya sirkulasi udara yang sehat dan optimal. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari rutin membuka jendela, tirai, memasang kipas angin, sampai air purifier.

Lebih lanjut, Anda bisa memasang minyak esensial untuk udara yang bukan hanya sehat, tapi juga memiliki bau yang harum dan menggugah. Kamar tidur yang sehat juga menjadi penting untuk kualitas tidur pemiliknya.

Bukan Warna Hoki, Tapi Warna Menenangkan

Dalam feng shui umumnya dikenal warna-warna yang direkomendasikan untuk membawa hoki. Misalnya merah atau emas yang diyakini bisa membawa rezeki kepada pemilik rumah.

Namun, beda dengan prinsip tersebut, warna di kamar tidur lebih diarahkan untuk menciptakan suasana tenang, rileks, dan nyaman. Warna-warna yang bernada earthy seperti peach, coklat, abu-abu, dan krem bisa menghasilkan suasana ini.

Begitu juga dengan warna yang lebih sejuk seperti biru atau hijau muda. Aksen dinding dan perabot berwarna seperti sprei atau sarung bantal juga sebisa mungkin polos dan tidak memiliki motif berlebihan.

Memasang Tanaman di Kamar Tidur

Tanaman menjadi salah satu cara untuk membawa nuansa yang lebih alami dan segar ke dalam kamar tidur. Beberapa tanaman hias dalam ruangan juga mampu membuat sirkulasi udara di dalam kamar menjadi lebih baik.

Feng shui merekomendasikan tanaman hias di dalam kamar selama tidak menghalangi jendela atau pintu. Jendela dan pintu dianggap sebagai gerbang yang masuk energi positif dari luar kamar.

Bila terhalangi, ini juga berpengaruh dengan energi positif yang masuk ke dalam kamar. Maka dari itu, bukan cuma tanaman, tapi usahakan jangan ada benda-benda yang menghalangi pintu dan jendela kamar tidur. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: