Ingin Punya Rambut yang Halus? Begini Cara Mudahnya

BNews—TIPS— Cara menghaluskan rambut mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin mempunyai rambut halus dan mudah diatur. Memiliki rambut halus dan berkilau layaknya iklan di televisi memang kerap jadi dambaan banyak orang.

Namun, alih-alih punya rambut halus, sebagian besar orang justru memiliki masalah rambut kasar, kering, dan sulit diatur. Kondisi tersebut yang membuat Anda kerap mengalami hair bad day sehingga bisa mengganggu penampilan sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara menghaluskan rambut supaya indah dan mudah diatur?

Merawat rambut dengan benar dapat menjadi salah satu cara membuat rambut halus. Ada berbagai cara merawat rambut yang dapat dilakukan untuk membantu menghaluskan rambut.

Beberapa cara menghaluskan rambut yang bisa Anda terapkan di rumah dengan mudah, yaitu:

Jangan terlalu sering keramas

Salah satu cara menghaluskan rambut adalah dengan tidak terlalu sering keramas. Sebaiknya, Anda keramas apabila kondisi rambut sudah benar-benar dalam kondisi kotor.

Mencuci rambut terlalu sering bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alami. Di samping itu, waktu mencuci rambut bisa disesuaikan dengan kondisi rambut.

Misalnya, orang yang memiliki jenis rambut berminyak mungkin perlu mencuci rambut setiap 2 hari sekali secara rutin.

Gunakan sampo yang tepat

Cara menghaluskan rambut juga perlu memerhatikan penggunaan sampo. Penggunaan sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan membuat rambut lebih halus.

Namun, pastikan Anda menggunakan jenis sampo yang cocok sesuai dengan kondisi rambut. Sebab, menggunakan sampo yang salah justru dapat memperparah masalah rambut yang sedang Anda alami.

Selain sampo yang sesuai dengan kondisi rambut, penting juga untuk memastikan bahwa kandungan sampo dan kondisioner yang digunakan bisa membantu menutrisi rambut.

Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak argan. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak argan mampu menutrisi batang rambut sehingga dapat melembapkan, menghaluskan, dan membuatnya berkilau.

Pakai conditioner

Memakai conditioner menjadi salah satu cara menghaluskan rambut yang mudah dilakukan. Conditioner dapat membantu menjaga kelembapan rambut Anda dan membuatnya lebih berkilau.

Sebaiknya, gunakan conditioner setelah keramas. Cara menggunakan conditioner adalah dengan mengusapkannya hanya pada ujung-ujung rambut.

Bagi Anda yang berambut panjang, gunakan conditioner dari ujung rambut sampai sepertiga atau setengah rambut. Hindari menggunakan conditioner sampai menyentuh kulit kepala.

Sebab, hal ini justru dapat membuat kulit kepala jadi berminyak dan rambut lepek. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air dingin.

Keramas dengan air dingin

Keramas dengan air dingin juga menjadi cara menghaluskan rambut yang perlu diterapkan. Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membuat rambut lebih halus dan berkilau.

Air dingin bisa membilas sampo atau conditioner yang Anda gunakan tanpa menghilangkan kelembapan rambut. Hindari mencuci rambut dengan air yang suhunya terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rusak hingga rambut menjadi kusam dan kering.

Batasi penggunaan alat penata rambut

Anda perlu membatasi penggunaan alat penata rambut sebagai cara menghaluskan rambut. Penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, blow dryer, ataupun peralatan lainnya, secara teratur bisa membahayakan kesehatan rambut.

Pasalnya, suhu panas dari berbagai alat penata tersebut dapat merusak rambut sehingga membuat rambut jadi kasar dan rapuh, serta kehilangan kemilau alami dari rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut tersebut. Jika harus menggunakannya, oleskan serum rambut terlebih dahulu guna melindungi rambut Anda.

Sisir rambut dengan hati-hati

Anda juga perlu menyisir rambut dengan hati-hati dan tidak terlalu sering. Menyisir rambut terlalu sering bisa menimbulkan gesekan sehingga rambut akan kusut.

Batasi menyisir rambut seminimal mungkin, serta jangan pernah melakukannya saat rambut dalam kondisi basah. Sebab, rambut basah lebih rentah patah.

Sebagai solusinya, Anda bisa menyisir rambut dengan cara menguraikannya sebelum mandi menggunakan sisir bergigi lebar. Selanjutnya, sisir rambut dengan hati-hati 1-2 kali sehari untuk menata dan menghilangkan rambut kusut. (*)

Sumber: Sehatq

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: