Ingin Sesuatu, Bisa Amalkan Puasa Senin Kamis Bagi Saudara Muslim

BNews–MAGELANG– Puasa Senin Kamis bagi sebagian muslim menjadi sarana seseorang untuk menggapai kesuksesan.

Salah satunya bagi mendiang mantan Presiden Indonesia B.J. Habibie yang beranggapan, puasa Senin Kamis sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam hidupnya.

“Mantan Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie, yang dikenal sebagai sosok yang rutin berpuasa Senin Kamis. Beliau menganggap puasa Senin Kamis adalah salah satu kunci sukses dalam hidupnya,” tulis Muhammad Safrodin dalam buku Sunah-Sunah Kecil Berpahala Besar.

Untuk itu, pada dasarnya, ibadah sunnah termasuk puasa Senin Kamis merupakan sarana bagi umat muslim dalam mendekatkan diri pada Allah SWT.

Bila seseorang sudah merasa dekat dengan Allah SWT, bukan tidak mungkin doa-doa untuk meminta sesuatu diperkenankan olehNya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Menjalankan puasa sunnah ini, tentunya harus didahului dengan membaca niat puasa Senin Kamis. Namun umat muslim tak perlu khawatir jika tidak hafal niat puasa Senin Kamis. Niat bisa dibaca dengan bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun bacaan niat puasa Senin Kamis dan doa berbuka puasanya dilengkapi dengan arab, latin, dan artinya dapat disimak pada penjelasan berikut,

Niat Puasa Senin Kamis, Arab, Latin, Artinya, dan Doa Berbukanya

A. Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

B. Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

C. Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

– Doa berbuka puasa Senin Kamis versi pertama

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan latin: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.”

– Doa berbuka puasa Senin Kamis versi kedua

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

Rasulullah SAW dikenal rutin melakukan puasa Senin Kamis selama hidupnya. Sebagai umatnya, sudah sebaiknya kita meneladani apa yang dicontohkan oleh beliau. Beliau juga pernah menjelaskan salah satu dari sekian banyak keistimewaan puasa Senin Kamis seperti,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR Tirmidzi).

Tentunya hikmah dan manfaat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu padaNya atau pun meraih kesuksesan, bisa diperoleh usai membaca niat puasa Senin Kamis dengan sempurna dan menjalankannya sesuai rukun. Jadi, jangan lupa baca niat sebelum mengamalkan puasanya ya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: