Ini Daftar Keberhasilan Kota Magelang Di Era Walikota Sigit

BNews—MAGELANG— Pencapaian Pemerintahan Walikota Magelang Sigit Widyonindito disampaikan pada acara Refleksi Sembilan Tahun Kepemimpinannya. Pencapaian periode 2010-2019 pun sukses dilaksanakan.

Diantaranya pembangunan Pasar Rejowinangun yang sempat terbakar, penataan pedagang kaki lima (PKL) khususnya bagian kuliner, penetapan Universitas Tidar menjadi kampus negeri, Gunung Tidar disahkan menjadi kebun raya dan penataan taman kota. Kemudian, pembangunan kawasan sentra ekonomi Lembah Tidar, kawasan Gelora Sanden, kawasan Alun-alun Magelang dan Taman Kyai Langgeng.

Menurut Walikota Magelang Sigit Widyonindito, pencapaian tersebut merupakan keberhasilan dan prestasi semua Forkopimda Kota Magelang. Meskipun ada berapa yang masih belum tercapai.

”Masih ada beberapa hal yang belum tuntas seperti mengentaskan kemiskinan, memajukan kota, kesejahteraan rakyat maupun lainnya,” tuturnya di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Magelang, Senin (17/02).

Sigit pun mengajak semua OPD dan para penjabatnya untuk berfikir maju dan visioner dalam menyelesaikan tugas-tugas pemerintahan Kota Magelang.

”Angka penganggurannya sebelumnya delapan koma sekian persen, saat ini bisa empat koma sekian persen. Angka kemiskinan 15 persen, menjadi tujuh persen. Insya Allah saya akan memperbaiki lagi sampai selesai masa jabatan saya,” janji dia.

Kepala Bappeda Kota Magelang Joko Soeparno, sesuai dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), pembangunan Kota Magelang sebagai Kota Jasa. Ada tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan perdagangan.

Pembangunan tidak hanya dari aspek fisik tapi juga non fisik. Semuanya bisa mencapai target yang diharapkan.

”Indikatornya bisa ditentukan contohnya pada pertumbuhan ekonomi Kota Magelang meningkat, pada tahun 2016 sebesar 5,18 persen meningkat 5,42 di tahun 2017 dan pada tahun 2018 sebesar 5,59,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Sedang tingkat kemiskinan di Kota Magelang menunjukkan penurunan menyentuh 7,46 persen pada tahun 2019. Selain itu ada indeks pembangunan manusia terhitung 78,31 pada tahun 2018 dan inflasi dibawah tiga persen.

”Tingkat pengangguran terbuka pun sebesar 4,43 persen sehingga kondusifitas wilayah secara umum terjaga,” terang dia.

Joko mengimbuhkan, Kota Magelang tidak mengalami bencana yang berakibat fatal, hubungan eksekutif dan legislative terjaga baik. Dua periode Pemerintahan Sigit Widyonindito juga ada program pendidikan gratis dan pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat serta kesejahteraan. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: