Ini Fakta dan Keunggulan Boarding School

BNews–MAGELANg-– Dari waktu ke waktu banyak orang tua yang semakin akrab dan familiar dengan apa itu boarding school.

Semakin banyak yang tertarik untuk menyekolahkan buah hatinya di boarding school, karena orang tua tidak hanya memikirkan pendidikan akademik saja. Tetapi juga akhlak dan kemandirian.

Hal itu baik pendidikan akademik dan akhlak dua-duanya sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Lantas, kenapa untuk mendapatkan keduanya harus menyekolahkan anak di Boarding School?

Apa itu Boarding School? Boarding School itu merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal bagi seluruh siswanya.

Tempat tinggal yang disediakan berupa asrama. Nantinya siswa yang sekolah di Boarding School akan menimba ilmu dan juga melakukan berbagai macam kegiatan di tempat tersebut.

Sistem pendidikan dalam Boarding School memungkinkan siswanya untuk melakukan interaksi dan komunikasi yang intensif dengan guru ataupun pengelola.

Tentu kondisi ini akan membuat kemampuan yang dimiliki siswa menjadi lebih berkembang. Kemampuan yang dimaksud disini adalah kemampuan kognitif dan juga psikomotorik. Berikut ini adalah beberapa fakta dan keunggulan Boarding School.

1. Memiliki Fasilitas yang Lebih Lengkap

Untuk menunjang proses pembelajaran maka dibutuhkan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang tersedia dengan lengkap akan meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan tersedianya fasilitas membuat siswa menjadi termotivasi untuk tekun dan semangat belajar.  

Dibandingkan dengan sekolah biasa, fasilitas yang disediakan Boarding School jauh lebih lengkap. Sebanding biaya yang dikeluarkan, fasilitas yang tersedia seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium, sarana olahraga, kantin, perpustakaan dan sebagainya memang terbilang jauh lebih lengkap dibanding sekolah biasa.

2. Memiliki Tenaga Pendidik yang Berkualitas

Supaya siswa yang sekolah di Boarding School memiliki kualitas unggul dan akhlak yang baik maka tenaga pendidiknya juga harus berkualitas. Pada umumnya, sekolah ini menentukan kualifikasi untuk para tenaga pendidik yang mengajar. Kualifikasi yang harus dimiliki tenaga pendidik adalah harus memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, sosial dan juga kemampuan pedagogis-metodologis.

3. Lingkungannya Lebih Kondusif

Semua elemen yang ada di lingkungan sekolah harus terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Dimana semua aturan yang dibuat berlaku untuk semua elemen yang ada di dalamnya, mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik, staf dan siswa. Semua aturan yang dibuat agar selalu disiplin selama ada di kelas ataupun lingkungan sekolah. Selain itu, aturan tersebut juga berlaku saat melakukan kegiatan di asrama.

Ketika menempuh pendidikan di Boarding School, maka akan mendapatkan banyak waktu untuk belajar di kelas ataupun di asrama. Waktu yang dimiliki untuk belajar tentu sangat bermanfaat untuk perkembangan intelektual. Menariknya lagi, sistem Boarding School sering mengadakan study group di luar jam sekolah. Kegiatan ini berguna untuk bertanya mengenai mata pelajaran yang belum dipahami.

4. Keamanannya Terjamin

Untuk menjaga semua penghuni asrama tetap aman dan nyaman maka Boarding School memberlakukan keamanan yang sangat ketat. Maka dari itu, dibuat tata tertib yang diberlakukan untuk seluruh penghuni asrama maupun sekolah. Jika melanggar tata tertib maka harus siap menerima sanksi.

 5. Menumbuhkan Afeksi

Afeksi merupakan reaksi emosi ataupun perasaan terhadap suatu objek karena pengaruh lingkungan. Sikap afeksi ini akan tumbuh jika sekolah di Boarding School karena semua kegiatan dilakukan bersama-sama sehingga menciptakan kebersamaan antar penghuni asrama atau sekolah.

Selain itu, memiliki sikap afeksi akan membuat lebih peduli, berempati, saling menyayangi dan menghormati. Tentu sikap seperti ini sangat dibutuhkan saat hidup bermasyarakat.

Itulah jawaban dari pertanyaan apa itu Boarding School serta 5 fakta dan keunggulannya. Diharapkan setelah membaca pembahas diatas menjadi lebih mengenal tentang Boarding School. Memilih sekolah bukan perkara yang mudah karena mempengaruhi masa depan. Jika Anda ingin menyekolahkan buah hati di Boarding School, SMA Dwiwarna (Boarding School) menjadi pilihan yang tepat.

Sekolah ini sudah memiliki Akreditasi A (98) dan menyediakan banyak fasilitas yang lengkap serta tenaga pendidik yang berkualitas. Maka dari itu, segera ikuti PPDB Boarding School Islam Terbaik dengan mendaftarkan diri di SMA Dwiwarna (Boarding School). (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: