Ini Harga Vaksin Corona yang Siap Diedarkan

BNews—NASIONAL—Ditengah pandemi Covid-19, banyak industri farmasi dunia memproduksi vaksin virus corona. Bahkan saat ini sudah ada perusahaan yang sedang melakukan uji klinis kepada manusia guna memastikan efek dari vaksin tersebut.

Dihimpun dari Kumparan, beberapa perusahaan farmasi sudah melakukan uji klinis tahap akhir sebelum fase produksi. Seperti perusahaan Moderna Inc asal AS, Pfizer yang berbasis di New York bekerjasama dengan perusahaan farmasi asal Jerman yakni BioNTech.  

Selain itu ada perusahaan farmasi China yakni Sinopharm dan Sinovac. Diketahui bahwa Sinovac, juga melakukan uji klinis tahap III di Indonesia bekerja sama dengan BUMN farmasi, Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung.

Menteri BUMN Erick Thohir memperkirakan, bila uji klinis vaksin corona buatan Sinovac berjalan lancar maka produksi oleh Bio Farma bisa dilakukan mulai Februari 2021. Erick menambahkan, Bio Farma sudah meningkatkan kapasitas produksi vaksin, dari 100 juta dosis menjadi 250 juta dosis per tahun.

”Nah, Insya Allah Desember ini Biofarma bisa produksi 250 juta per tahun, paling tidak (mencukupi kebutuhan 190 juta orang yang akan divaksin),” kata Erick, Kamis (6/8/2020).

Diperkirakan bahwa harga vaksin corona dari Sinovac, sekitar USD 15 per dosis atau sekitar Rp 220.000. Sementara untuk setiap orang dibutuhkan dua kali suntikan, sehingga per orang sekitar Rp 440.000.

Diketahui bahwa selain di Indonesia, vaksin corona buatan Sinovac juga sedang uji klinis di Brasil dan Bangladesh. Sementara di Indonesia, ada juga vaksin corona yang dikembangkan perusahaan farmasi swasta yakni PT Kalbe Farma Tbk bekerja sama dengan Genexine dari Korea Selatan.

Ada juga vaksin corona yang dikembangkan Pemerintah melalui Lembaga Eijkman di bawah Kemenristek Dikti. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: