Ini Jadwal Pembebasan Lahan Tol Bawen-Magelang-Jogja

BNews—SLEMAN— Proses pekerjaan pembangunan Tol Bawen-Magelang-Jogjakarta terus dikebut. Pemerintah merencanakan proses pembebasan tanah akan dilakukan awal tahun 2020.

Kasubbid Pertanahan dan Penataan Ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman Dona Saputra Ginting mengatakan proses pembebasan lahan akan mulai dilakukan awal tahun 2020. Targetnya bisa diselesaikan secaepatnya.

Advertisements


“Semua dikebut, pengerjaan DED dalam hitungan bulan pun bisa. Untuk tahapan identifikasi, lamanya tergantung kondisi di lapangan, kalau kondusif paling tidak selesai dalam waktu dua hingga tiga bulan,” kata,


Awal tahun 2020 diharapkan tahapan pembebasan lahan bisa terlaksana, kendati hal itu belum dapat diprediksi lantaran tergantung kondusivitas lapangan

Dona mengatakan dari hasil diskusi denga kementrian terkait beberapa waktu lalu menyepakati titik entry exit dari arah timur diusulkan di daerah Desa Tamanmartani Kalasan yang merupakan titik persinggungan antara rencana jalan tol dan ringroad. Namun usulan itu tidak disetujui oleh Dirjen Bina Marga dan dipindah di sebelah utara RS PDHI. 

“Tapi yang di titik itu (utara PDHI) namanya bukan entry exit melainkan on off. Bedanya kalau on off, penggunaan lahannya lebih minimal sedangkan entry entry setidaknya 2 hektare area akan terkena dampak,” urai Dona.

Pihaknya juga mengusulkan titik keluar-masuk di sekitar Lottemart namun kepastiannya baru akan diketahui setelah DED disusun. Penentuan entry exit ini mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya perhitungan derajat kemiringan, dan topografi.

“Ancer-ancernya sekitar Lottemart untuk entry exit dan sudah di-acc. Selain itu akan ada diatas ringroad tapi belum ada usulan, kemungkinan di lokasi tersebut ada dua on off untuk membuka kawasan perkotaan Jogja dari arah Solo dan Magelang,” paparnya. 

Melihat dari posisi jalan, dia memprediksi titik keluar-masuk tol tersebut ada di seputaran Monumen Jogja Kembali dan UPN yang merupakan pusat simpul.Perkiraan entry exit yang keempat ada di utara Westlake. Di daerah itu terdapat tanah kosong yang direncanakan menjadi titik pertemuan tol Jogja-Solo dan Jogja -Bawen. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: