Ini Penampakan Pelaku Pembobolan ATM Bank Jateng di Magelang

BNews—MUNGKID— Pelaku Curat di sebuah ATM Bank Jateng di Pakis berhasil diamankan jajaran kepolisian. Empat orang tertangkap ditempat terpisah sementara satu orang masih DPO.

Kasus pembobolan ATM dengan modus Las ini dilakukan para pelaku pada 12 Mei 2019 lalu. “Dua orang pelaku kita proses hukum di Polres Magelang sedangkan dua orang lagi di proses hokum di Polresta Semarang karena mereka merupakan komplotas spesialis curat di berbagai tempat, salah satunya di Semarang,” Ungkap Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho saat presscon pagi tadi (18/6).

Dua orang pelaku yang diamankan di Polres Magelang yakni Sigit Purnomo,28 warga Desa Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur dan Rustanto, 34 warga Dusun Susukan Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Sedangka dua pelaku yang di Polresta Semarang yakni Ibnu Wahyudi, 27 warga Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur beserta Juvan Bahri, 27 warga Dusun Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.

“Untuk satu pelaku DPO atas nama Yudhi, dirinya bersama Rustanto juga terlibat kasus curanmor di RS Subbanul Wathon Tegalrejo pada 20 April 2019  lalu,” imbuhnya.

Loading...

Para pelaku ini diamankan Unit Resmob Polres Magelang dan Polres Semarang di berbagai tempat berbeda. “Untuk tersangka Juvan dan Rustanto diamankan di Semarag sedangkan pelaku lain diamankan di Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa percobaan Las ATM ini dilakukan pada 12 Mei 2019 lalu. “Saat beraksi ini mereka berlima berperan berbeda, ada yang berjaga da nada yang mengalihkan perhatian serta sebagai eksukutor las di dalam ruang ATM Bank Jateng,” paparnya.

“Namun karena alasan peralatan kurang, para pelaku ini gagal membobol mesin ATM dan hanya merusak pintu mesin ATM belum sampai ke brangkas utama. Sehingga kerugian ditafsir mencapai 10 Juta rupiah akibat kerusakan tersebut,” ungkap Kapolres Magelang.

Setelah dilakukan pengembangkan kasus, kelima orang ini juga pernah melakukan aksi kriminalnya di wilayah lain. Antara lain mereka ada 3 Tkp Curanmor di KabupatenTegal, 5 Tkp Curanmor di Kabupaten Semarang, 1 Curanmor tkp RS Subanul Waton Kec.Tegalrejo Kabupaten Magelang, 1 Tkp Curat Indomart di Kabupaten Boyolali, 1 Tkp Curas di Pabelan Kabupaten Semarang dan 1 Tkp Curat Indomart di Ungaran.

Dalam proses mengamankan para pelaku ini, Petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa seperangkat alat las dan posisi disita di Polsek Ungaran, 1 Buah Topi loreng yang digunakan oleh pelaku. Serta sepeda motor hasil curian di RS Subbanul Wathon Tegalrejo yang dibawa pelaku Rustanto.

“Atas perbuatannya tersangka melanggar Pasal  363 jo 53 KUHPidana dengan ancaman hukuman Pidana paling lama 7 Tahun,” Pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: