Hasil Rapid Test : 4 Warga Kabupaten Magelang Positif Covid-19

BNews–MUNGKID– Jumlah warga Kabupaten Magelang dinyatakan positif terjangkit virus corona bertambah menjadi total 4 orang. Hal ini diketahui setelah hasil rapid test keluar satu lagi (3/4/2020).

Sebelumnya Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat talkshow di Radio Gemilang menyebutkan hasil rapid test gelombang satu terdapat 3 warga positif, 110 warga negatif dan 27 alat rapid test menunggu hasil.

“Hasil rapid test terbaru yang keluar jumlah yang positif menjadi 4 orang, yang negatif tetap 110 warga dan yang masih menunggu hasil tinggal 26 orang,” ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, dr Oktora Kunto Edy.

Dia juga mengaku, bahwa Pemkab Magelang telah melakukan Rapid Test (metode skrining awal untuk mendeteksi anti bodi) sebanyak 140 buah. “Pemeriksaan tersebut disebar di 29 puskesmas yang ada di Kabupaten Magelang, dan hasilnya ada positif. Namun demikian, dengan Rapid Test ini belum bisa mencerminkan bahwa yang bersangkutan terjangkit Covid-19 karena masih harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan lanjutan,” imbuhnya.

Dr. Oktora juga mengungkapkan proses selanjutnya tersebut yakni pemeriksaan Swab (pemeriksaan pada sampel lendir di saluran pernapasan). “Ketersediaan unit Rapid Test sangat terbatas (kurang). Sehingga Pemkab Magelang masih harus menunggu alat Rapid Test gelombang kedua dari Pemprov Jateng,” ungkapnya.

Pemeriksaan Rapid Test sendiri, lanjut dia fokus untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) Prioritas karena keterbatasan unit. “Kita utamakan yang kontak erat dulu yang kemungkinan besar sudah tertular, seperti lansia, dan memiliki penyakit berat lainnya,” tandasnya.

Sebelumnya Bupati Magelang, Zaenal Arifin juga menyampaikan Zaenal sudah meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang  untuk membuat surat lagi. “Surat tersebut untuk penambahan rapid test kembali,” imbuhnya.

Loading...

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah koordinasikan untuk siapkan rumah sakit untuk penanganan. “Kami siapkan beberapa lokasi yakni RSUD Muntilan, RSUD merah putih, RSU Candi Umbul dan RSU Menoreh. Serta kita akan memanfatkan beberapa puskesmas rawat inap jika dibutuhkan,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: