Ribuan Umat Buddha Kirab Api Abadi dan Air Suci Menuju Borobudur

BNews—MUNGKID—Rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE telah dimulai. Untuk kirab air suci dan api abadi sendiri di jadwalkan pada hari Sabtu, 18 Mei 2019.

Kapolren Magelang AKBP Yudianto Adi Nugroho mengatakan, seperti biasanya kirab akan diikuti ratusan sampai ribuan umat Budha dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Oleh sebab itu ada beberapa ruas jalan akan dialihkan arus lalu lintasnya.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


“Untuk rute kirab masih sama, mulai dari Candi Mendut hingga ke pintu 7 Candi Borobudur, biasanya masyarakat umum juga ramai menyaksikan sehingga harus ada pengalihan arus,” katanya (17/5).

Untuk pengalihan arus sendiri yakni dari Yogyakarta atau Palbapang menuju Borobudur nanti akan dialihkan melalui simpang tiga cabean dan akan tembus simpang empat banar. “Untuk dari arah Blondo menuju Borobudur sendiri akan dialihkan mulai simpang tiga masjid An-Nur Sawitan tembus di simpang tiga siguk Borobudur,” imbuhnya.


Sedangkan dari arah Salaman menuju Borobudur nanti akan dialihkan mulai dari simpang empat Kujon menuju arah Bumi Segoro dan dilanjutkan tembus ke simpang empat ngaran Borobudur. “Atau dari simpang empat ngaran bisa lurus tembus simpang tiga Rani Jaya,” jelasnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Magelang AKP Budi Waspada mengungkapkan untuk penutupan jalur atau pengalihan arus direncanakan akan dimulai sejak pukul 08.00 wib hingga acara kirab selesai. “Bagi masyarakat yang hendak melintas atau berpergian menuju Borobudur harap antisipasi peralihan arus lalu lintas ini,” ungkapnya.

Perlu diketahui untuk rangkaian acara Tri Suci Waisak 2019 sendiri sudah dimulai sejak tanggal 14 Mei 2019 lalu. Dan puncak perayaan pada 19 Mei 2019 dini hari, dimana sebelumnya pada tanggal 18 Mei 2019 atau Malam Minggu menjelang detik detik waisak akan ada pelepasan ribuan lampion di area Taman Wisata Candi Borobudur. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: