Ini Sejarah Besar Perusahaan Otomotif Handoyo Magelang

BNews—MAGELANG—Masyarakat Magelang siapa yang tidak kenal nama bus Handoyo. Selain bus legendaris, garasi utamanya juga berada di wilayah Magelang.

PO Handoyo berkantor di Jalan Soekarno-Hatta di Magelang, Jawa Tengah. Kantortersebut juga merupakan garasi untuk armadanya. Pada awal berdirinya, PO Handoyo melayani trayek Yogyakarta – Semarang, Magelang – Weleri dan Magelang – Ngadirejo.

Advertisements


Perlu diketahui Bus Handoyo merupakan salah satu perusahaan bidang transportasi yang menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal transportasi umum. Bus Handoyo memiliki rute antar provinsi dan antar kota juga antar pulau yaitu pulau Jawa dan pulau Sumatera. Rute Pulau Jawa yaitu dari Jakarta hingga Malang.


PO Handoyo didirikan pada tahun 1975 oleh pengusaha hebat, Dibyo Wibowo. Dan nama “Handoyo”sendiri diambil dari nama putranya Daniel Handoyo.

PO Handoyo ini berada dibawah PT PT Indo Transport Abdimas dan dikelola langsung oleh Daniel Handoyo. Dengan waktu dan pengalaman di dunia bus malam, PO Handoyo mendapat julukan raja jalanan dari Lembah Tidar Magelang di Jawa Tengah. Bahkan di masa sulitnya PO Handoyo sempat mengakuisisi PO lain seperti Mandala dari Jawa Timur yang bergabung ke Handoyo Group.

Bus Handoyo memiliki armada kelas VIP, Ekonomi, Patas, AC dan ekonomi AC yang menggunakan sasis bus dari Hino seperti AK dan RK dan juga sasis Mercedez-Benz. Untuk membangun busnya, Handoyo sering menggunakan jasa karoseri dari New Armada, Laksana, Rahayu Santosa dan Adi Putro.

Kini PO Handoyo melayani trayek Jakarta-Yogyakarta-Klaten, Surabaya – Cirebon dan Jakarta – Wonogiri. Untuk harga tiket bus Handoyo untuk rute pulau Jawa masih sekitar dari Rp.110.000,- hingga Rp.150.000,- sesuai dengan jarak dari kota asal ke kota tujuan.

PO Handoyo juga telah berkolaborasi dengan perusahaan bus tujuan Malang. Adapun tujuan dari asal Malang yaitu Cirebon, Yogyakarta, Wonosobo, Purwokerto, Semarang dan Magelang.

Untuk tujuan rute pulau Jawa jenis bus yang digunakan yaitu bus AC, patas dan eksekutif yang melayani trayek Jakarta, Klaten, Solo, Wonogiri, Gemolong, Pracimantoro, Pulo Gadung, Bekasi, Semarang, Kudus, Pati, Tangerang, Temanggung, Magelang, Kali Deres dan Tirtomoyo. (Internet/Bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: