Innalillahi.. 8 Lansia di Kulon Progo Meninggal Dunia saat Isolasi Mandiri

BNews—JOGJAKARTA— Sebanyak delapan pasien Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri. Mereka merupakan warga lanjut usia (lansia) dengan disertai penyakit penyerta (komorbid). 

”Sepekan terakhir ada delapan pasien Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri. Mereka rata-rata lansia,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati, Kamis (1/7). 

Para pasien yang meninggal diketahui sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Mereka tidak bisa tertampung di rumah sakit karena ketersediaan ruang isolasi sudah habis. Kondisi pasien diperparah karena memiliki komorbid. 

”Sebenarnya sudah diupayakan mencari rumah sakit, tetapi kapasitas ruang isolasi memang habis,” ujarnya.

Baning mengatakan, gugus tugas akan melaksanakan koordinasi dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Utamanya yang memiliki kemampuan dalam pemulasaraan jenazah dan segi transportasi.

Sementara itu, Direktur RSUD Nyi Ageng Serang Hunik Rimawati mengungkapkan, stok oksigen di rumah sakitnya dalam empat hari terakhir cukup minim. Ini tidak lepas dari meningkatkan pasien Covid-19 yang menjalani perawatan. 

Pihak rumah sakit sudah berkoordinasi dengan distributor unruk mendapatkan pasokan 20-25 tabung. Manajemen juga terus melakukan penataan kebutuhan oksigen dengan ketersediaan oksigen medis. 

”Ada 24 pasien yang butuh oksigen, sehingga stok yang ada harus ditata agar cukup,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: