Intip Mini Kontes Robotic di MTS N Borobudur

BNews—BOROBUDUR—Workshop dan Mini Kontes Robotic serta Roket Air digelar di MTS Negeri 1 Magelang yang dulunya namanya MTS Negeri Borobudur (20/1/2020). Sebanyak 90 perwakilan SD-MI dan MTS Magelang raya turut diundang dalam acara ini.

Kepala Sekolah MTS Negeri 1 Magelang, Gunartomo mengatakan peserta workshop kali ini sejumlah 213 siswa dan 27 guru pendamping. “Itu belum datang semua yang kami udang, dan terjauh hadir dari MTS Lowano Purworejo,” katanya.

Ia mengaku, bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara MTS N 1 Magelang dengan pihak PT Taman Pintar Yogyakarta. “Dan kali ini pihak PT Taman Pintar membawa beberapa volounter dari mahasiswa Macquarie University Australia dan UGM,” akunya.

Dalam workshop ini terdapat tiga katagori.  Yakni pertama Robot Edision 14 robot untuk 14 tim dan alat pemogramannya menggunakan laptop.

“Kedua Robot Si Robo ada 14 robot juga dengan alat pemogramannya berbasis android. Dan terakhir kategori Roker Air terdapat 45 tim,” terangnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Perlu dikehatui, kerja sama tersebut sudah berjalan lebih dari 5 tahun antara kedua belah pihak. “InsyaAllah untuk kegiatan Workshop dan mini kontes seperti ini akan digelar rutin tiap tahunnya di Sekolahan ini. Kami tetap akan mengundang sekolahan lain untuk ikut bergabung,” tandasnya.

Sementara Siti Aisyianingsih, Wakil Kepala Humas MTS N 1 Magelang menambahkan tujuan digelar acara ini untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap robotic dan roket air. “Tentunya hal ini dalam rangka memperdalam ilmu SAINS. Memperkenalkan sedini mungkin ilmu Sains kepada para siswa SD maupun MI,” tambahnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dipaparkannya, hal tersebut dilaksanakan guna menyambut era milineal kedepan yang semakin maju. “Jika kita hanya menggunakan metode belajar biasa maka susah untuk berkembang. Kita ingin berikan yang lebih spectakuler, sehingga setiap tahunnya ada perubahan semakin maju untuk metode belajarnya,” paparnya.

“Saya berharap dengan kegiatan ini semakin banyak siswa yang memahami Robotic dan roket air, karena mereka akan semakin suka terhadap pelajaran Sains. Sehingga untuk selanjutnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan mencanangkan cita-cita lebih baik lagi,” pungkasnya.

Dalam acara pembukaan sendiri pihak penyelenggara sudah mempraktekan terkait roket air warna yang diluncurkan sebagai tanda dimulai. Selanjutnya peserta diperkenalkan dengan drone mini melalui rintangan, dengan monitor layar seperti kaca mata yang dipakai. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: