Intip Serunya Bela Negara Lewat Seni Budaya di Lapangan Kota Mungkid

BNews–MUNGKID–Apel Kebangsaan di konsep menjadi sebuah Gelar Budaya menarik berlangsung di Lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid Jumat malam (20/12). Kegiatan tersebut digelar oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Magelang.

Kegiatan bertajuk Gelar Seni Budaya Nusantara digelar dalam rangka hari bela negara 2019. Dalam rangkaian acara tersebu menyajikan penampilan seni budaya dari berbagai macam etnis yang ada di Magelang.

“Kita tampilkan seperti Tari Panembrahma dari Bali, Tari kekudok dari Kalimantan, tari dari ranah Minang, tari Saman dari Aceh,” ungkap salah satu pengisi acara Abbet Nugroho.

“Dan yang menarik adalah sinergitas TNI Polri dalam tari senam gamu famire, paduan suara oleh guru-guru seni di bawah dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang,” imbuhnya.

Abbet menyebutkan acara puncak ditutup dengan moment yang sensasional, “Kita tutup dengan penampilan angklung kolosal 500 orang yang dimainkan oleh pelajar dan mahasiswa dan Banser di Kabupaten Magelang,” ungkapnya.

Perlu diketahui penampilan kolosal tersebut dipimpim sendiri oleh Abbet Nugroho atau biasa di sebut Ki Sodong salah satu seniman dari Borobudur. Uniknya seluruh pemain angklung memakai kostum baju adat Nusantara, sehingga malam itu seolah panggung  menjadi  gambaran miniatur Indonesia yang kaya dengan ragam seni dan  budaya.

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Magelang Karya Humanita menyampaikan bahwa Magelang merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya sangat beragam. “Dengan kegiatan semacam ini sangat di perlukan untuk menjalin komunikasi dan memupuk rasa persaudaraan sesama anak bangsa,” katanya dalam sambutannya.

Pengunjung yang hadir pun tidak beranjak dari tempat duduknya menikmati acara demi acara hingga selesai dengan penuh sukacita dan keharuan. Dimana saat angklung kebangsaan dimainkan, semua imut bernyanyi dan bahkan banyak yang meneteskan air mata penuh keharuan.

“Semoga acara seperti ini menjadi sarana pemersatu bagi seluruh eleman anak bangsa. Memupuk rasa cinta tanah air dan juga semangat bela negara terutama bagi generasi muda. Itulah pesan kegiatan ini untuk Indonesia,” pungkasnya. (bsn)

1 Comment
  1. mamah muda says

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang dupa88 mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di dupa88,net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: