Jaga Kebersihan Lingkungan, Warga Gelar Aksi Merti Kali Sileng Borobudur

BNews—MAGELANG— Masyarakat Pariwisata Saujana Borobudur menggelar kegiatan bersih Kali Sileng pada Sabtu (3/4/2021). Kegiatan ini sebagai bentuk rasa kepemilikan terhadap lingkungan Borobudur.

Hal itu disampaikan Panitia Penanggung Jawab Bersih Kali Sileng, Purwadi. Dia menyebut, kegiatan tersebut melibatkan sekitar 200 Relawan dan masyarakat yang turun langsung membersihkan Kali Sileng dari sampah.

“Masyarakat Pariwisata Saujana Borobudur sendiri dibentuk dengan tujuan agar pariwisata Borobudur juga bersinergi dengan masyarakat. Salah satu bentuk rasa memiliki masyarakat terhadap lingkungan Borobudur adalah menjaga kebersihan Kali Sileng,” ujar dia.

Dia menjelaskan, kegiatan bersih Kali Sileng ini dilaksanakan di tujuh titik. Diawali di Omah Mbudur Jowahan Wanurejo, kemudian menyebar ke titik-titik tersebut.

“Debit air Kali Sileng sudah menurun. Sampah diambil secara manual, kemudian dikumpulkan dan dibuang di tempat yang semestinya,” jelasnya.

Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Lono Hartanto, mendukung kegiatan tersebut dengan turut menurunkan anggotanya.

“Dengan kegiatan ini membuat masyarakat semakin handarbeni atau merasa memiliki Kali Sileng,” terang Lono.

Seniman dan Pegiat Wisata Borobudur, Nuryanto, menambahkan, rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian alam Borobudur. Dengan beberapa rangkaian kegiatan sebagai bentuk bakti terhadap Borobudur. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: