Jangan Kaget! Air Susu Keluar Saat Bercinta, Ini Penyebabnya

BNews—NASIONAL— Saat bercinta, ada banyak cara bisa dilakukan untuk membangkitkan gairah pasangan, salah satunya adalah Payudara. Payudara diketahui merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali diberi sentuhan saat foreplay.

Meremasnya atau menyentuhnya dengan lembut mungkin terkesan menggairahkan. Tapi bagaimana jika keluar cairan dari payudara?

Dokter spesialis kandungan di John H Stroger, Jr Hospital of Cook County, Chicago, Idries Abdur-Rahman mengatakan bahwa payudara memiliki tujuan utama. Yaitu, menghasilkan air susu.

Jika payudara ’bocor’ saat bercinta, kemungkinan kamu kelebihan hormon oksitosin. Hormon ini terlibat dalam kehamilan dan masa menyusui. Dimana, merangsang kontraksi pada sel-sel kelenjar susu dan memaksa keluarnya ASI.

Jika kamu sedang bercinta saat dalam periode menyusui, keluarnya cairan ASI adalah hal yang wajar. Begitu juga ketika kamu sedang dalam masa kehamilan, maka ASI bisa saja keluar dari tubuhmu.

Menurut Abdur-Rahman, keluarnya cairan pada payudara saat bercinta, meski tidak dalam kondisi menyusui atau kehamilan bisa jadi hal wajar. Sebab ada pengaruh hormon oksitosin yang dilepaskan saat berhubungan seks.

Sebagaimana dilansir dari WebMD, puting susu memang dapat mengeluarkan cairan saat menerima rangsangan atau diremas. Namun, itu juga bisa jadi indikasi masalah medis. Oleh karena itu, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

”Setiap kali seorang perempuan mengalami ’kebocoran’ dari payudara yang tidak berhubungan dengan kehamilan atau menyusui, harus diperiksakan lebih lanjut,” jelasnya.

Meski tidak bisa didiagnosa sendiri, keluar cairan pada payudara bisa jadi tanda beberapa penyakit serius. Berikut beberapa diantaranya:

Infeksi

Keluarnya cairan dari puting susu bisa jadi tanda ada infeksi pada payudaramu. Ini juga dikenal mastitis yang biasanya terlihat pada perempuan yang sedang menyusui.

Kondisi ini juga bisa berkembang pada perempuan yang tidak menyusui. Cirinya yakni bengkak, terasa nyeri, berwarna kemerahan dan payudara terasa hangat saat disentuh.

Ectasia Saluran Susu

Perempuan yang mendekati masa menopause juga bisa mengeluarkan cairan dari puting susu atau ectasia saluran susu. Kondisi ini menyebabkan peradangan dan kemungkinan penyumbatan saluran yang terletak di bawah puting.

Galaktorea

Galaktorea bukanlah sebuah penyakit dan mungkin juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Seperti psikotropika, beberapa konsumsi tumbuhan seperti adas manis, konsumsi ganja, kurangnya hormon tiroid atau gejala tumor.

Kanker

Pada beberapa kasus, keluarnya cairan dari payudara mungkin jadi tanda kamu mengidap kanker. Kemungkinan ini lebih besar jika cairan dari putingmu disertai dengan benjolan atau bentuk payudara yang tidak normal. (pon/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: