Jejak Perjalanan Bioskop-Bioskop Lawas Di Yogyakarta, Kini Tinggal Kenangan

BNews–JOGJA– Banyak yang belum tahun bahwa wilayah Yogyakarta dulu sempat menjadi pusatnya belasan bioskop. Di tahun 80-an terdapat atau sempat ada 18 bioskop dengan pasar penonton yang berbeda-beda di Jogja.

Budayawan Ahmad Charris Zubair mengatakan, bioskop di Kota Jogja sempat mengalami masa keemasan pada tahun 70-an akhir sampai 90-an awal.

Saat itu, bioskop-bioskop menjadi hiburan bagi semua kalangan masyarakat. Mulai dari tukang becak sampai anak muda, semua punya bioskop idolanya.

“Seperti bioskop Empire-21 yang sampai saat ini masih ada menjadi tempat nonton anak muda, selain bioskop Mataram Theatre di Lempuyangan,” kata budayawan dari Kotagede. Dikutip detik.

Sedangkan kalangan masyarakat menengah ke bawah, lanjut Charris, pada tahun 90-an menjadi langganan di Bioskop Widya di Jalan Ibu Ruswo; Bioskop Permata di Jalan Sultan Agung/Jalan Gajah Mada, dan Bioskop Indra di Jalan Margo Mulyo.

“Bioskop Indra menjadi bioskop tertua yang berdiri sejak zaman Belanda. Dulu namanya Alhambra & Mascot (1915), letaknya tepat di barat pusat keramaian Pasar Gede Beringharjo,” katanya.

Bioskop tertua itu kini menjadi Teras Malioboro 1, tempat relokasi pedagang di sepanjang Jalan Malioboro.

Berikut ini bioskop-bioskop lawas di Kota Jogja:

Bioskop Indra

Bioskop Indra merupakan bioskop tertua yang berdiri sejak zaman Belanda tahun 1915 dengan nama Alhambra dan Mascot. Letaknya persis di Teras Malioboro 1 yang berada di di Jalan Margo Mulyo, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Jogja tepatnya di seberang Pasar Beringharjo.

Bioskop Permata

Berdiri setelah Bioskop Indra. Bioskop ini dulu bernama Bioskop Luxor, tahun 1940-an. Bioskop ini menjadi menjadi satu-satunya bioskop zaman Belanda yang gedungnya masih berdiri. Sejak awal tahun 2000-an, bioskop ini telah berhenti beroperasi.

Terletak di Jalan Gajah Mada No 2, Kampung Kauman, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta (atau di Jalan Sultan Agung) salah satu bisokop paling awal di Kota Jogja yang menjadi bioskop kelas tiga di era 90-an.

Soboharsono Theatre

Terletak di pojok timur laut Alun-alun Utara/Jalan Pekapalan. Pada tahun 90-an, Soboharsono Theatre menjadi bioskop kelas ketiga. Bioskop ini berdiri tahun 1928, salah satu bioskop tertua di Jogja. Nasibnya sama dengan gedung bioskop lain di Jogja yang telah berubah fungsi. Lokasi ini menjadi Jogja Gallery dan Royal Garden Restaurant. Tapi, bangunan asli saat ini masih dipertahankan. hanya fungsinya saja yang telah berubah.

Bioskop Widya

Bioskop ini masuk bioskop kelas tiga, berada di Jalan Ibu Ruswo/Yudonegaran. Bioskop ini pada tahun 90-an punya ciri khas memutar film-film Asia dan Barat. Penayangannya selisih 3-4 bulan dari bioskop kelas utama.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Bioskop Senopati

Sesuai namanya, bioskop ini terletak di Jalan Panembahan Senopati, tepatnya di lantai dua Shoping Center yang kini telah menjadi Taman Pintar. Bioskop ini terkenal dengan penayangan film-film lokal ‘panas’ yang marak pada masa itu.

Yogya Theatre

Berada satu kompleks dengan Bioskop Senopati berada di lantai 2 Gedung Shopping Center Jalan Panembahan Senopati. Bioskop ini berada di sisi timur dari Bioskop Senopati.

Empire-21

Pada tahun 90-an, bioskop jejaring 21 mulai masuk ke Kota Jogja. Bioskop ini memiliki area food court hingga swalayan Hero yang terbakar dan dibangun kembali dengan nama Cinema XXI.

Bioskop ini merupakan bioskop kelas satu yang kini masih berdiri meski sempat terbakar pada 1999. Letaknya Jalan Urip Sumoharjo/ Jalan Solo dengan bentuk cineplek, ada 6 gedung bioskop dalam satu lokasi.

Regent-21

Berada persis di barat Empire-21, hanya berbatasan tembok dengan bentuk cineplek, dengan jumlah empat gedung bioskop. Bioskop ini termasuk bioskop kelas satu.

Bekas bangunan bioskop ini sudah tak berbekas sejak kebakaran, selang satu bulan setelah Hero Swalayan di kompleks Empire-21 terbakar. Tercatat, kebakaran yang menimpa Regent-21 ini memakan korban jiwa.

Royal Theatre

Masih di kawasan Jalan Solo, satu kompleks dengan Bioskop Empire-21 dan Regent-21. Tapi, gedung bioskop Royal ini hanya ada satu ruangan dan termasuk bioskop kelas tiga yang memutar film-film yang sudah lama.

Rahayu Theatre

Bioskop Rahayu terletak di di Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta yang kini menjadi toko tekstil.

Mitra atau Palace Theatre

Berada di Jalan Solo, dekat dengan Galeria Mall yang kini menjadi toko kain. Bioskop ini termasuk bioskop kelas tiga. Nama Bioskop Mitra sempat berganti nama menjadi Palace Theatre.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

President Theatre

Bioskop President berada di Jalan Jenderal Sudirman, yang saat ini menjadi Novotel Yogyakarta.

Ratih-21

Bioskop ini terletak di Jalan Mangkubumi atau Jalan Margo Utomo, dekat kantor Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat. Bentuknya sama seperti Empire-21 dengan konsep cineplek, yang terdiri dari dua gedung yang memutar film-film terbaru.

Mataram Theatre

Termasuk bioskop langganan remaja dan sekelas dengan Empire, Regent, dan Ratih yang berada di Jalan Dr Sutomo, barat jembatan layang Lempuyangan. Bioskop ini sempat mengalami booming saat film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) pertama. Bangunan bioskop ini mengalami kerusakan cukup parah saat gempa Jogja 2006. Setahun kemudian bioskop ini tutup.

Galaxy Theater

Bioskop ini berada di Kompleks Borobudur Plaza di jalan Magelang yang saat ini menjadi area food court.

Golden Theater

Sama seperti Galaxy, Golden Theatre terletak di Kompleks Borobudur Plaza Jalan Magelang .

Arjuna Theatre

Bioskop Arjuna terletak di Jalan Tentara Pelajar, Pingit, Jetis, yang berdekatan dengan kantor Samsat Yogyakarta. Saat ini bangunan Arjuna Theatre menjadi sebuah gedung.

Istana Theatre

Satu-satunya bioskop yang terletak di Jogja Selatan tepatnya di Jalan Tegalgendu, Kotagede. Bioskop Istana memiliki pasar warga di kawasan sekitar Kotagede. (*/detik)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!