Jelang Pilkada 2020, Kapolres Magelang Kota : Kami Telah Mempersiapkan Langkah Pengamanan

BNews—MAGELANG—Polisi Resort (Polres) Magelang Kota telah mempersiapkan langkah-langkah, dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang Tahun 2020. Termasuk kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi terkait kamtibmas.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan,kemarin (19/8/2020). Dia mengatakan, pihaknya telah merumuskan langkah-langkah dalam setiap tahapan pilkada.

”Kami telah merumuskan langkah-langkah setiap tahapan serta sudah merapatkan perkiraan kondisi apa yang mungkin terjadi. Kaitannya dengan kamtibmas dalam proses tahapan pilkada,” katanya.

Dia menjelaskan, terkait pelaksanaan pilkada tahun 2020, pihaknya akan mengerahkan seluruh personel yang ada dalam berbagai tahapan dan skema. Skema pertama adalah skema aman, yakni mengamankan lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik kumpul dalam proses pendaftaran seperti di Kantor KPU Kota Magelang.

”Kemudian, kita juga mengantisipasi apabila ada ekskalasi permasalahan yang berpotensi terjadi konflik antar pihak. Anggota kita siapkan menjadi pasukan cadangan untuk antisipasi apabila terjadi konflik,” jelasnya.

Lanjut Nugroho, personel yang dilibatkan dalam pengamanan pilkada sekitar 500 petugas kepolisian. Baik dalam hal pengamanan maupun ekskalasi tertentu. “Selain itu, juga dibackup dari TNI dan polres dari daerah tetangga dalam kegiatan pengamanan tersebut,” imbuhnya.

”Ada juga Brimob yang paling dekat, dari Purworejo, Kutoarjo, dalam waktu setengah jam bisa datang,” sambungnya.

Loading...

Tambah dia, pihaknya akan terus mengupayakan agar kondusivitas di Kota Magelang tetap terjaga baik dalam pilkada tahun 2020. ”Begitu juga media, ini penting juga. Bagaimana supaya masyarakat tak mudah terprovokasi. Meskipun seandainya pilihannya berbeda, tapi tidak mengedapankan emosi dalam memberikan dukungan,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: