Jumlah Tempat Tidur Di RS Rujukan Pasien Covid Di Kabupaten Magelang Masih Aman

BNews—MUNGKID— Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang menyebut bahwa dari empat Rumah Sakit (RS) rujukan COVID-19 di wilayah setempat, saat ini tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19 masih terbilang cukup. Diketahui empat RS tersebut yakni RSUD Muntilan, RSUD Merah Putih, RS Syubbanul Wathon dan RS Aisyiyah Muntilan.

Kendati demikian, Dinkes tetap meminta kepada empat RS tersebut agar waspada terhadap eskalasi atau peningkatan kasus Covid-19.

”Harus hati-hati karena untuk persiapan apabila terjadi eskalasi atau peningkatan kasus Covid-19. Tapi Alhamdulillah di Magelang ini mudah-mudahan terus menurun sehingga RS nanti semakin sedikit pasiennya,” dr Oktora Kunto Edhy, Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Magelang saat prescon penanganan Covid-19 di Setda Kabupaten Magelang, Jumat (29/1/2021).

Dia menjelaskan, saat ini di RS Muntilan memiliki 35 tempat tidur (TT) dengan tingkat keterisian sekitar 50 persen. Kemudian di RS Syubbanul Wathon ada 14 TT dengan tingkat keterisian juga sekitar 50 persen.

”Untuk di RS Merah Putih ada 67 TT dan tingkat keterisiannya sekitar 35 persen. Sedangkan RS Aisyiyah Muntilan tingkat keterisiannya sekitar 90 persen. Itu mereka punya 22 TT dan terisi 20 pasien,” jelasnya.

Menurut Kunto, RS rujukan Covid-19 perlu hati-hati bila tingkat keterisian TT pasien konfirmasi ada sekitar 60 persen. ”Waspada bila terjadi peningkatan kasus Covid-19. Yang paling krusial sekarang adalah TT isolasi dan saat ini masih cukup,” tandas dia.

Lebih lanjut, Kunto menyampaikan saat ini rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah setempat masih kekurangan TT pasien covid-19 untuk ICU. Dia menyebut bahwa Satgas COVID-19 Provinsi menyerukan agar Kabupaten/Kota memiliki 15 TT ICU namun di Kabupaten Magelang baru memiliki 12 TT.

”Yakni 6 di RSU Muntilan dan 6 di RS Merah Putih sehingga masih ada kekuranga 3 TT ICU. (Namun) nanti InsyaAllah akan dipenuhi di RS Muntilan,” pungkasnya. (mta/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: