Kala Pelajar SD Panca Arga Berlarian Selamatkan Diri dari “Gempa”

BNews—MUNGKID—Ratusan murid dan guru SD Negeri 1 Panca Arga beserta masyarakat sekitar menggelar sosialisasi dan penanggulangan bencana gempa, belum lama ini. Sosialisasi itu bertujuan agar anak dan warga sekolah lebih waspada menghadapi bencana yang datang tidak terduga.

Kepala SDN 1 Panca Arga, Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi atas penunjukan sebagai sekolah sasaran PPK. Yang terintegrasi dengan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAP) dari LPMP Jawa Tengah tanggal 5-7 September lalu.

”Bilamana terjadi suatu bencana bisa melalukan tindakan tepat atau penyelamatan diri,” ungkap Wahyuni disela kegiatan sosialisasi.

Dijelaskan Wahyuni, sebanyak 175 anak dari kelas 1-6 sangat antusias mengikuti kegiatan. Materi cara menghadapi gempa dan angin kencang yang disampaikan kepada anak cukup sederhana tapi mengena seperti dengan menyetel film animasi.

”Sosialisasi yang diadakan sendiri menyesuaikan dengan potensi bencana di wilayah terkait. Tapi untuk sosialisasi pertama kita lebih banyak kepada materi bencana gempa bumi,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Edi menekankan, bilamana terjadi bencana alam diharapkan untuk tetap tenang atau tidak perlu panik. Hal yang utama adalah berupaya menghindari bangunan dan segera menuju ke titik kumpul yang lebih aman.

”Pada saat menuju titik kumpul, terutama saat akan keluar dari dalam bangunan diusahakan melindungi bagian kepala. Bisa menggunakan properti sederhana seperti tas, huku tebal hingga kursi,” papar Edi membagikan tips keselamatan saat terjadi bencana gempa bumi. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: