Kampung Cerdas Melalui Perpustakaan Negeri Dongeng Giyanti Oleh UNIMMA

BNews–MAGELANG--Masa pademi covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal Maret tahun 2020 lalu. Dan hingga kini masih belum bisa diprediksi kapan berakhirnya.

Dan diketahui bersama, hal tersebut telah menjadi sebab penghambat kegiatan masyarakat,tanpa kecuali berpengaruh kedalam dunia pendidikan. Salah satu cara penghentian laju penyebaran virus covid-19 adalah dengan menerapkan physical distancing (jaga jarak) dengan menerapkan system kerja dari rumah (Work From Home), sehingga siswa yang semula belajar di sekolah kini harus belajar di rumah.

Oleh sebab itu Tim PLP 2 yang terdiri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) membuat sebuah program. Yakni mengadakan program Kampung Cerdas di Dusun Giyanti, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di perpustakaan desa Giyanti “Perpustakaan Negeri Dongeng”. Program PLP 2  ini bertujuan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, yang mana pelaksanaanya masih PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Kelompok PLP 2 UNIMMA yang dibimbing oleh salah satu dosen UNIMMA yakni Arif Wiyat Purnanto, M.Pd dan Dyah Antika Sari S.Pd sebagai guru pamongnya. Sedangkan untuk anggota PLP 2 berasal dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berjumlah 7 Mahasiswa. Mereka yaitu Anisatul Khusniah, Bella Swastika, Farida Umi Arifah, Listiana, Mega Dwi Purnawati, Nur ifany Choirun Nisa’, Risky Indriati.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dalam pelaksanaan Kegiatan PLP 2 kami mengangkat program “Kampung Cerdas” yang mengadakan aktifitas belajar-mengajar selayaknya di tengah desa.

Namun tidak lupa selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, cuci tangan sebelum masuk dan keluar ruangan serta selalu menjaga jarak di setiap kegiatan pembelajaran.

Program ini adalah program yang dilakukan untuk membantu siswa terutaman siswa yang masih berpendidikan dasar dalam belajar. Mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru selama pelaksanaan diwajibkan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan menjadi pedoman dalam proses pembelajaran. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: