Kasat Sabhara Polres Magelang Jadi Nara Sumber Bimtek CHSE Bagi Pelaku Wisata

BNews–MUNGKID— Proses pemulihan kegiatan pariwisata di Kabupaten Magelang di tengah Pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang gandeng Polres Magelang.

Dimana Disparpora Kabupaten Magelang mengadakan Bimbingan Teknis kepada para pelaku wisata dengan mendatangkan satu nara sumber salah satunya dari Polres Magelang. Dalam hal ini Kasat Sabhara Polres Magelang, AKP Alfian Zaelani hadir dalam pelatihan yang digelar di Grand Artos Hotel (1/12/2020).

“Para pelaku usaha pariwisata dan pemandu wisata agar selalu patuh kepada standar operasional prosedur (SOP). Hal ini untuk mengatasi berbagai dampak atau resiko yang ditimbulkan,” ungkap AKP Alfian Zaelani.

Dia, AKP Alfian juga menyampaikan sejumlah materi, antara lain tentang Kebersihan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi pemandu wisata. “Hal tersebut berdasarkan surat dari Kepala Disparpora Kabupaten Magelang kepada Kapolres Magelang. Yakni perihal permohonan untuk menjadi narasumber kegiatan Bimbingan Teknis CHSE di bidang Pariwisata,” tandasnya.

Sementara Kepala Disparpora Kabupaten Magelang melalui Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Nur Supindahwati, menanggapi terkait kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan bimbingan teknis CHSE di bidang Pariwisata diselenggarakan untuk mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat.

“Tentunya hal ini dalam dalam penerapan protokol kesehatan dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi tamu atau pengunjung wisata,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa setelah selesai mengikuti Bimtek tersebut, para peserta akan diberikan Sertifikat, imbuhnya. “Bimtek ini sejauh diikuti oleh 400 orang yang terbagi delapan kelopok. Yakni diantaranya Para pekerja Hotel, Para pekerja Restoran/Rumah Makan, Para Pengelola Homestay; Para Pengelola Desa Wisata, Para Pengelola Daya Tarik Wisata, Para Pemandu Wisata; Para Pengelola Toko oleh-oleh & Cendera mata, Para Pengelola Transportasi Wisata,” paparnya.

Lebih lanjut Nur Supindahwati berharap sertifikasi CHSE dapat meningkatkan kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. “Tentunya agar wisatawan yg datang merasa aman dari Covid-19,” harapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: