Kembangkan Wisata, Pemkab Magelang Gandeng Pihak Terkait Lakukan Observasi Langsung Ke Lokasi

BNews—MAGELANG—Pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Magelang terus dilakukan. Salah satunya dengan survei dan observasi langsung ke lapangan.

Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang pun menggelar kegiatan Penguatan Perencanaan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Magelang, pada Selasa (20/10/2020). Acara ini bertujuan untuk mencari data-data terkait pengembangan destinasi wisata di wilayah Kabupaten Magelang.

“Para peserta melakukan survei dan observasi langsung ke lapangan, sehingga akan mendapatkan data yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Kali ini adalah destinasi wisata di wilayah Grabag dan Ngablak,” Kepala Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono.

Dia menjelaskan, survei mengacu pada holistik, tematik, terpadu, dan berbasis komunitas. Dimana masyarakat harus ikut memiliki, menjaga dan mengembangkan, sehingga menjadi kebutuhan.

”Secara teknis pertanyaan survei berisi spasial tata ruang, budi daya dan perlindungan. Adapun ujungnya untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dalam survei ini juga melibatkan beberapa SKPD terkait, termasuk komunitas pariwisata dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang. Sedangkan secara teknis, Dinas Perhubungan konsentrasi dari sisi aksesbilitas, DPUPR sisi infrastruktur dan destinasi buatan, Disdikbud sisi cagar dan seni budaya, Dinas Pertanian sisi Argowisata, BPBD mitigasi bencana.

Loading...

”Setelah disurvei kemudian data diworkshopkan, dan akan digunakan sebagai acuan kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang,” ujar Sugiyono.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan nantinya ada tim kecil yang menyusun buku laporan kemudian diadakan workshop dengan peserta yang sama untuk disempurnakan. Setelah itu bakal dilaporkan ke Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

”Dimana buku tersebut sebagai pertimbangan Bapak Bupati untuk mengambil kebijakan pengembangan pariwisata di Kabupaten Magelang,” papar Sugiyono.

Tambah dia, kali ini rombongan melakukan survei dan observasi ke destinasi wisata Gunung Andong, Candi Umbul, Air Terjun Sumuran Seloprojo, Embung Pagergunung dan Gunung Telomoyo dengan menaiki kendaraan jeep wisata.

Nantinya, kegiatan serupa akan dilanjutkan ke destinasi wisata di wilayah Barat dan Selatan Kabupaten Magelang. ”Hari ini kita melakukan kegiatan di wilayah utara dan timur Kabupaten Magelang, untuk selanjutnya di wilayah barat dan selatan. Jadi kegiatan ini dibagi dalam tiga tahap,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: