Kenali Tanda-tanda Kelelahan Mental dan Cara Mengatasinya

BNews—NASIONAL— Sebagian orang mungkin ada yang merasa kelelahan sepanjang hari padahal sudah beristirahat dengan cukup. Bahkan merasa kehilangan konsentrasi ketika belajar atau bekerja.

Kelelahan mental yang dialami seseorang mungkin terjadi setelah melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi. Atau ketika merasa sangat stres dalam jangka waktu yang lama.

Keadaan psikologis ini bila tak diatasi, bisa berdampak pada fisik seperti sakit kepala, sakit perut, pegal-pegal hingga naik atau turunnya berat badan. Serta emosional seperti depresi, cemas, menurunnya motivasi, apatis sampai penurunan produktivitas.

Dilansir dari Yayasan Pulih, ada beberapa hal yang menjadi tanda-tanda seseorang sedang mengalami kelelahan mental:

Kelelahan fisik yang berkepanjangan

Anda merasakan kelelahan terus menerus pada tubuh dan memilih untuk tidak melakukan apapun.

Emosi yang tidak stabil

Anda menjadi lebih sensitif bahkan lebih cepat marah dengan alasan yang kurang masuk akal. Anda juga mungkin mengalami mood swing yang drastis.

Tidak ingin berinteraksi dengan orang lain

Anda merasa malas untuk berinteraksi dengan orang lain. Anda lebih menginginkan untuk sendiri dan menghindar dari orang-orang sekitar.

Menangis tanpa alasan

Seringkali anda merasa dalam situasi yang buruk dalam hidup hingga membuat perasaan lebih sensitif dalam hal-hal kecil. Untuk menghadapi hal tersebut, anda melawannya dengan menangis bahkan bisa secara tiba-tiba dan tanpa disadari.

Motivasi berkurang secara drastis

Anda kehilangan motivasi hingga membuat tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Sementara itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan gejala kelelahan mental, seperti:

Istirahat

Waktu istirahat merupakan salah satu cara yang dapat membantu meredakan gejala kelelahan mental. Contohnya dengan menyisihkan waktu 15 menit untuk istirahat dari pekerjaan, hanya sekedar berjalan-jalan atau menghirup udara segar.

Kemudian sisakan waktu luang di akhir pekan dan lakukan kegiatan yang disenangi serta meluangkan waktu agar dapat memberi ketenangan.

Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kelelahan mental. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berintensitas tinggi, cukup melakukan olahraga ringan seperti berlari kecil atau jalan cepat.

Relaksasi

Melakukan relaksasi secara alamiah dapat menurunkan stres dan kecemasan. Sebuah studi mengatakan bahwa meditasi dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit terkait dengan stress.

Tidur cukup dan tepat waktu

Atur jadwal tidur Anda agar mendapatkan waktu tidur selama delapan jam. Hindari menghabiskan waktu terlalu banyak di tempat tidur, agar bisa tidur tepat waktu dengan kualitas yang baik.

Perawatan medis

Anda bisa meminta bantuan kepada professional. Ahli kesehatan mental dapat memberikan perawatan, terapi maupun obat yang tepat untuk membantu mengatasi dan melewati masa sulit. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: