Kendaraan Plat Luar Jateng Diberhentikan Di Tugu Ireng Salam Magelang Oleh Petugas Gabungan

BNews–MAGELANG– Kendaraan roda empat probadi plat nomor luar Jawa Tengah diberhentikan di perbatasan Jateng-DIY, Tugu Ireng Salam Kabupaten Magelang. Mereka diberhentikan oleh petugas gabungan TNI Pori siang ini (19/4/2021).

Kapolres Magelang AKBP Ronald A. Purba melalui Kabagops Polres Magelang, Kompol Maryadi mengatakan kegiatan ini tajuknya operasi yustisi.

“Jadi kami sosialisasikan 3 T untuk mencegah penyebaran covid-19. Sekaligus sosialisasi kepada pengguna jalan yang plat luar Jawa Tengah untuk tidak mudik besok sesuai anjuran pemerintah,” katanya.

Selain itu, lanjutnya bagi beberapa pengendara plat luar Jawa Tengah dari arah Yogyakarta juga dilakukan swab antigen. “Kita ambil sampel beberapa pengendara swab antigen secara gratis oleh tim Dokpol Polres Magelang. Hari ini kita siapkan 150 swab antigen,” imbuhnya.

Maryadi menyampaikan sasaran utama adalah kendaraan bermotor dari luar kota. “Plat nomor luar Jawa Tengah sasarannya. Dan kali ini belum ada putar balik, murni operasi yustisi dan sosialisasi,” ujarnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Faris Budiman menambahkan untuk titik penyekatan pemudik di Magelang hanya di tugu ireng Salam ini. “Namun kita ada 7 titik pengamanan selama Ramdhan ini tersebar di sejumlah wilayah,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya bahwa pihaknya mulai tanggal 12 April hingga tanggal 25 April 2021 juga ada operasi keselamatan. “Jadi operasi yustisi ini juga menjadi salah satu operasi keselamatan tersebut. Lingkupnya, mengurangsi penyebaran covid1-19, sosialisasi untuk tidak mudik, dan tracing pengendara luar wilayah,” ungkpanya.

Jika ada pengendara ber KTP luar kota, kata Kasat Lantas akan dilakukan swab antigen juga. “Jika nanti ada yang positif kita akan berkoordinasi dengan Dinkes untuk karantina,” tegasnya.

Salah satu pengendara mobil Plat B (Jakarta), Doni mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini. “Saya setuju karena covid memang nyata, karena banyak sepupu saya di Jakarta meninggal karena covid. Jadi saya siap untuk di swab antigen ini,” ungkapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: