Keren, Desa di Salam Magelang Punya Lumbung Peduli

BNews–SALAM- Sebuah lumbung peduli masyarakat didirikan oleh Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid 19 di Dusun Pulosari Desa Jumoyo Kecamatan Salam. Lokasi tersebut tersimpan bahan pokok utama.

Humas Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Desa Jumoyo, Edwar Alfian, mengatakan, langkah tersebut ditempuh dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Tentunya hal ini selama mendukung pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, guna memutus potensi penularan Covid-19 ini.

“Covid-19 ini masalah bersama. Kita jalankan manajemen posko mulai dari asesmen data, edukasi masyarakat dan menyiapkan upaya strategis jika kondisi ini memburuk dan bahkan lama,” katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya lumbung ini masyarakat diharapkan lebih tenang berada di rumah. “Warga agar tenang, kebutuhan pokok mereka tersedia dalam lumbung tersebut,” imbuhnya.

Perlu diketahui juga, jumlah penduduk di Dusun Pulosari sendiri mencapai 300 Kepala Keluarga dengan 948 jiwa. “Dalam lumbung tersebut terdapat kebutuhan sembako utama yakni beras. Dimana beras ini berasal dari upaya mandiri warga,” terangnya.

Edward juga mengungkapkan bahwa pihaknya kemarin berencana mau di isi sembako, namun karena melihat potensi pertanian ada, maka sementara beras dahulu. “Nanti kita akan mengoptimalkan masyarakat menggencarkan budaya menanam. Entah itu sayuran atau sejenisnya,” ungkapnya.

Secara teknis, lanjutnya penyaluran beras tersebut melalui tim di setiap RT yang memantau kondisi warga, sehingga bantuan beras tersebut tepat sasaran. “Beras ini nanti diberikan melalui musyawarah tim,. Mereka nanti selalu pro aktif melihat kondisi di masyarakat,” pungkasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: