IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Keren…Dua Pelajar Asal Temanggung Ciptakan Robot Juara Nasional

BNews–TEMANGGUNG– Kabar menggimbarakan datang dari dua remaja penerus bangsa ini. Mereka berdua berhasil menjadi jaura kedua dalam Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah 2019 di Grand Studio Metro TV Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Dua remaja tersebut atas nama As’ad dan Vinchent. Keduanya merupakan siswa MAN Temanggung Jawa Tengah.

Perlombaan yang digelar oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kedua lembaga ini merupakan bagian dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Salah satu dari mereka, Vinchent menyebutkan saat di babak semi final diikuti oleh 12 tim. Seluruh tim tersebut telah lolos dalam Kompetisi Robotik Madrasah di Surabaya pada tanggal 26-27 Oktober 2019 dengan peserta sebanyak 150 tim.

“Dari 12 tim yang berkompetisi di semi final, kemudian diambil enam besar yang melaju ke babak grand final di Jakarta,” katanya.

“Kompetisi berjalan dengan seru dan ramai, karena masing-masing tim memiliki karakteristik kuat dengan karyanya. Pastinya persaingan sangat ketat,” imbuhnya.

 Setelah melalui persaingan ketat dari 12 tim, akhirnya terdapat dua tim yang lolos ke grand final. “Tim tersebut yakni tim robotik dari MAN Temanggung, MAN 3 Jakarta, MAN 19 Jakarta, MAN 2 Tasikmalaya, MAN Lumajang, dan MAN 3 Jombang,” ujarnya.

Loading...

Disebutkannya, bahwa saat babak semi final poin tertinggi diraih oleh tim robotiknya dengan total poin 650. “Sementara tim lain memperoleh poin dibawah 500. Lalu berlanjut lagi pada babak grand final yang diikuti oleh 6 tim, yang berjalan dengan seru dan sangat menegangkan,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BERITA BOROBUDUR NEWS GRATIS DAN RINGAN (KLIK DISINI)

“Grand finas sangat seru, pasalnya terdapat tiga tim yang mengalami rintangan dan kendala teknis sehingga tidak memperoleh poin sama sekali. Sementara dua tim lain memperoleh poin yang sama, yakni tim dari MAN Temanggung dan MAN 19 Jakarta, masing-masing memperoleh poin 450,” terangnya.

“Sehingga dilakukan pengulangan pertandingan antara kedua tim yang nilainya sama, dan MAN Temanggung berhasil unggul dengan poin 250 sementara MAN 19 Jakarta hanya mendapat poin 100. Sedangkan tim yang tampil terkahir, dari MAN Lumajang memperoleh poin 550,” ungkap Vincent.

Setelah dewan juri melakukan penghitungan poin dari enam peserta di babak grand final kompetisi robitik madrasah 2019, akhirnya diumumkan juaranya. Untuk juara pertama diraih MAN Lumajang, juara dua diraih MAN Temanggung, dan juara tiga MAN 19 Jakarta.

Selain mendapat sertifikat, para juara berhak menerima hadiah uang pembinaan. Untuk uang pembinaan sendiri senilai Rp 10.000.000 untuk juara satu, juara dua Rp 8.000.000, dan juara tiga Rp 6.000.000. (cho/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: