Pilkada 2024, KPU Kabupaten Magelang Bakal Rekrut 3.810 Pantarlih

BNews–MAGELANG– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar rapat koordinasi persiapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Artos Magelang, Selasa (11/6/2024).

Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofik mengatakan pendaftaran calon Pantarlih akan dibuka mulai 13-19 Juni 2024. Adapun kebutuhan petugas Pantarlih di Kabupaten Magelang mencapai 3.810 orang.

“Petugas Pantarlih yang direkrut memprioritaskan mereka yang memiliki kemahiran untuk memanfaatkan teknologi informasi,” katanya.

Rofik menjelaskan tugas pantarlih yakni melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk validasi data pemilu yang pelaksanannya berbasis digital, yakni dengan menggunakan aplikasi e-coklit.

“Yang kita prioritaskan adalah warga yang tinggal di situ, sudah SLTA, mengenal wilayah dan memiliki kemampuan IT,” jelasnya.

Dia menyebut, para pantarlih akan mencocokkan daftar pemilih pada formulir model A daftar pemilih dengan KTP-el atau dokumen kependudukan lain. Selanjutnya mencatat data pemilih yang memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar dalam Daftar Pemilih ke dalam formulir model A-Daftar Potensial Pemilih.

“Selain itu juga memperbaiki data pemilih apabila terdapat kekeliruan dan mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat,” terang Rofik.

Dia menyebutkan untuk TPS dengan jumlah pemilih di bawah 400 akan diisi oleh satu orang Pantarlih. Dan untuk TPS dengan jumlah pemilih di atas 400, sebanyak dua petugas Pantarlih. Jumlah di Kabupaten Magelang pada pelaksanaan Pemilukada 2024 mencapai 1.988 TPS.

“Jadi kunci dari tugas Pantarlih adalah keakuratan, komprehensif data pemilih, dan pemutalhiran data pemilih,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!