KEREN !! Job Fair 2024 Pertama Kali Digelar di SMK PK Muhammadiyah 1 Muntilan

BNews-MAGELANG- SMK PK Muhammadiyah I Muntilan mengadakan Job Fair 2024 di halaman sekolah pada Rabu (12/6/2024).

Acara dengan tema “Temukan Karirmu, Raih Masa Depanmu” ini berlangsung selama dua hari (12-13/6/2024). Dan diikuti oleh puluhan perusahaan industri, wirausaha, dan perguruan tinggi.

Tujuan dari Job Fair 2024 adalah untuk mempertemukan antara industri dan pencari kerja di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Pertama kalinya SMK PK Muhammadiyah I Muntilan menyelenggarakan Job Fair ini dibuka langsung oleh; Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VIII Propinsi Jawa Tengah, Maryanto SPd, M.Sc, dan dihadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Muntilan serta undangan lainnya.

Kepala sekolah, Slamet SPd, menjelaskan bahwa Job Fair ini merupakan salah satu kegiatan wajib dari SMK PK; di antara sembilan kegiatan lainnya seperti pembelajaran, reskilling upskilling, peralatan, dan sebagainya.

“Diantara semuanya, job fair ini juga termasuk,” jelasnya.

Slamet menyebutkan bahwa ada 17 perusahaan industri dari Magelang, Yogyakarta, dan Jawa Barat yang turut serta dalam kegiatan ini. Selain itu, juga ada wirausaha dan perguruan tinggi yang ikut serta.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA DISINI (KLIK)

“Ada 13 perusahaan dari Magelang, Jogja, dan Karawang, juga wirausaha serta perguruan tinggi,” ungkap Slamet.

Job Fair ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kerja bagi lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan.

“Banyak kesempatan yang ditawarkan oleh perusahaan, Job Fair ini sangat menjanjikan bagi anak-anak yang belum mendapat pekerjaan,” ujarnya.

“Semoga para peserta dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka dan sesuai dengan kompetensinya,” tambah Slamet.

Job Fair ini digelar pada tahun kedua setelah SMK PK Muhammadiyah I Muntilan berdiri.

“Konsentrasi tahun lalu adalah pada pembangunan fisik, peralatan, penguatan pembelajaran, dan kompetensi guru. Sedangkan di tahun kedua fokusnya adalah penguatan pembelajaran, magang ke luar negeri, reskilling-upskilling, dan job fair,” tambah Slamet.

Maryanto SPd, M.Sc, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VIII Propinsi Jawa Tengah, menyatakan bahwa SMK PK (Pusat Keunggulan) merupakan salah satu program prioritas Kemendikbudristek melalui Dirjen Vokasi.

“Pemerintah sedang mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan SMK PK. SMK PK menjadi pusat keunggulan di Indonesia,” ungkapnya.

SMK PK Muhammadiyah I Muntilan merupakan salah satu SMK yang dipercaya oleh pemerintah melalui Dirjen Vokasi. Bantuan yang diterima dari pemerintah pun tidak sedikit.

“Pemerintah memberikan bantuan yang besar kepada SMK, baik untuk infrastruktur maupun pengembangan SDM,” jelas Maryanto.

Bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di sektor vokasi.

“SMK PK harus memiliki kerjasama dengan industri untuk menciptakan calon tenaga kerja yang profesional dan kompeten. Tujuannya adalah agar lulusan SMK dapat langsung terjun ke industri tanpa kesulitan,” tambahnya.

Job Fair merupakan salah satu program untuk menjembatani antara industri dan pencari kerja. SMK PK juga bertanggung jawab untuk berbagi pengetahuan kepada SMK lain di sekitarnya.

“Semakin banyak industri yang diundang, semakin baik peluang kerja bagi lulusan SMK. Lulusan yang terserap di industri, berwirausaha, atau melanjutkan pendidikan adalah tujuan utama dari SMK PK,” pungkas Maryant. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!